Surati Presiden

Pendiri Pekanbaru Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

Pendiri Pekanbaru Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional
Wakil Walikota Pekanbaru, H Ayat Cahyadi S.Si foto bersama dengan peserta seminar nasional Marhum Pekan usai kegiatan

PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD), menggelar Seminar Nasional pengusulan Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzamsyah sebagai Pahlawan Nasional, Selasa (15/3/2022).

Seminar yang dipusatkan di Hotel Grand Central ini menghadirkan sejumlah narasumber seperti dari Kementerian Sosial, Peniti Sejarah dari LIPI, Sejarawan Nasional dari UIN Gunung Jati, Pustakawan Nasional, Dinas Sosial dan TP2GD Riau, serta TP2GD Pekanbaru.

"Ini (Seminar Nasional) adalah di antara syarat-syarat untuk kita mengajukan Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzamsyah sebagai Pahlawan Nasional ke presiden melalui gubernur," kata Ketua TP2GD Pekanbaru H Ayat Cahyadi S.Si.

Melalui seminar itu, diharapkan niat pemerintah kota agar Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzamsyah atau yang dikenal juga sebagai Marhum Pekan bisa diberi gelar Pahlawan Nasional oleh Pemerintah Pusat.

"Untuk itu, kita minta dukungan dari seluruh masyarakat Riau dan Pekanbaru khususnya untuk mendoakan agar Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzamsyah diberi gelar Pahlawan Nasional," ucapnya.

Lebih jauh disampaikan Ayat yang juga sebagai Wakil Walikota Pekanbaru ini, setelah Seminar Nasional, TP2GD selanjutnya akan menjumpai Gubernur Riau Syamsuar untuk segera megusulkan ke Pemerintah Pusat untuk pemberian gelar Pahlawan Nasional kepada Marhum Pekan.

"Jadi setelah seminar ini, kita dari pemerintah kota dan TP2GD akan menghadap pak gubernur. Setelah itu, pak gubernur melalui Dinas Sosial akan menyurati presiden melalui Kementerian Sosial," paparnya.

"Mudah-mudahan niat kita mengusulkan Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzamsyah sebagai Pahlawan Nasional, ini bisa diberikan oleh presiden," harapnya menambahkan. 

Seperti diketahui, Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzamsyah merupakan Sultan ke-5 Kerajaan Siak Sri Inderapura. Selain memilik banyak jasa dalam melawan penjajah, Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzamsyah juga pendiri Kota Pekanbaru.***

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index