Rabies Belum Ditemukan, Hewan Peliharaan Diminta Vaksin

Rabies Belum Ditemukan, Hewan Peliharaan Diminta Vaksin
Ilustrasi

PEKANBARU - Warga di Kota Pekanbaru yang memiliki hewan peliharaan diminta untuk melakukan vaksinasi terhadap peliharaannya guna antisipasi penularan penyakit rabies. 

Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kota Pekanbaru, melakukan vaksinasi rabies terhadap hewan peliharaan yang ada hingga ke lingkungan RW sebagai upaya pencegahan. 

"Untuk pemerintah kota kita terus melakukan kegiatan vaksinasi rabies. Jadi kita mobiler di seluruh RW yang ada di Kota Pekanbaru," kata Kepala Distankan Kota Pekanbaru, Jumat (28/7/2023).

Pihaknya memastikan tidak ada kasus atau warga Pekanbaru yang positif rabies pasca gigitan hewan penular rabies (GHPR). 

Dikatakannya, vaksinasi rabies ini dilakukan setiap tahun. Pasalnya, vaksinasi akan diulang kembali atau booster setiap tahun pada hewan yang sama.

"Vaksinasi ini terus berjalan setiap tahun. Karena apa? Kegiatan vaksinasi rabies atau booster harus diulang setiap tahun pada hewan yang sama," terangnya. 

Karena itu, pihaknya mengimbau kepada warga Pekanbaru jika memiliki hewan peliharaan yang belum divaksin agar segera divaksin. Hewan peliharaan yang perlu divaksin dan penular rabies itu yakni anjing, kucing dan kera.

"Kepada warga jika ada hewan peliharaannya, anjing, kucing dan kera, kalau belum vaksin atau belum sempat oleh petugas di lapangan tolong dibawa ke kantor dinas pertanian dan perikanan Pekanbaru. Vaksinasi rabies gratis, tanpa dipungut biaya," pungkasnya.***

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index