TPU Payung Sekaki Penuh, Pemko Pekanbaru Cari Lahan Baru

TPU Payung Sekaki Penuh, Pemko Pekanbaru Cari Lahan Baru
Makam di TPU Payung Sekaki

PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru tengah mencari lahan untuk perluasan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Payung Sekaki, Jalan Beringin, Kecamatan Bina Widya. Pasalnya, kondisi lahan TPU Payung Sekaki saat ini sudah penuh. 

TPU Payung Sekaki kini tidak bisa lagi menampung jenazah yang akan dimakamkan. Rencananya, lokasi perluasan TPU Payung Sekaki tidak jauh dari lokasi pemakaman lama. 

"TPU Payung Sekaki sudah penuh, kondisinya sudah full. Kita sedang mengadakan (lahan.red) yang baru ni. Disana di Payung Sekaki sudah kita negosiasi di sekitar sana," kata Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kota Pekanbaru Mardiansyah, Senin (13/3). 

Menurutnya, ada beberapa pilihan lahan yang tengah dilakukan negosiasi oleh pemerintah kota. Mardiansyah menargetkan agar lahan tersebut bisa dimiliki pemerintah kota dalam tahun ini sehingga bisa digunakan untuk TPU. 

Ia menuturkan, saat ini ada empat TPU pengelolaanya dibawah pemerintah kota. Nantinya akan ada beberapa perluasan sehingga menjadi enam TPU milik pemerintah kota. 

"TPU lain yang punya masyarakat kita lihat juga sudah banyak penuh. Saat ini kita juga masih melakukan penataan TPU Payung Sekaki," jelasnya. 

Penataan telah dilakukan sejak awal tahun ini untuk penyeragaman. Mereka menyelaraskan dengan penanaman rumput diatas seluruh makam. Dinas Perkim juga membuat grass blok untuk jalan makam.

Mereka juga menyesuaikan beberapa makam yang telah dibentuk ahli waris sebelumnya. Mardiansyah mengatakan tidak ada lagi makam yang bentuk makamnya berbeda dari yang lain. 

"Sampai hari ini kita sudah mengerjakan 20 persen pada makam bagian depan. Dulu sempat ada penolakan, tapi setelah kita beri pemahaman mereka menerima," pungkasnya.***

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index