Ratusan Pengungsi Rohingya Mulai Dipindahkan dari Aceh ke Pekanbaru

Ratusan Pengungsi Rohingya Mulai Dipindahkan dari Aceh ke Pekanbaru
Ilustrasi

PEKANBARU - Ratusan pengungsi Rohingya bakal tinggal di Kota Pekanbaru. Proses pemindahan dari Aceh ke Kota Pekanbaru dimulai, Rabu (18/5/2022). Proses ini merupakan pemindahan tahap pertama.

"Proses pemindahan dimulai untuk tahap pertama. Dijadwalkan hari ini sudah sampai di Kota Pekanbaru," kata Kepala Badan Kesbangpol Pekanbaru, Zulfahmi Adrian. 

Menurutnya, para pengungsi Rohingya tersebut bakal diberangkatkan dengan penerbangan pertama dari Medan ke Pekanbaru. Mereka mendarat di Bandara SSK II Pekanbaru sebanyak empat penerbangan.

"Jadi satu penerbangan membawa 31 hingga 35 org, total ada empat penerbangan," jelas Zulfahmi. 

Proses pemindahan akan langsung ditinjau oleh Satgas Pengawasan Pengsungsi Luar Negeri (PPLN) Pusat di bawah Kemenkopolhukam RI. Total ada 119 orang pengungsi asal Rohingya bakal dipindahkan ke Kota Pekanbaru.

Zulfahmi menyebut, Tim PPLN juga menyiapkan akomodasi bagi para pengungsi. Lokasi akomodasi tersebut berbeda dengan akomodasi pengungsi saat ini.

Dirinya mengatakan bahwa penempatan para pengungsi nantinya di Wisma D'COP 2. Wisma itu berada di Jalan Ciptasari, Kelurahan Tangkerang Selatan, Kecamatan Bukit Raya. 

Tim PPLN di Kota Pekanbaru juga telah mengikuti rapat koordinasi akhir terkait pemindahan pengungsi asal Rohingya dari Aceh ke Kota Pekanbaru. 

Rapat itu dihadiri langsung oleh Kepala Pelaksana Harian Satgas PPLN Nasional, Brigjen Bambang Pristiwanto dan Direktorat Kewaspadaan Nasional Kemendagri.***

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index