Hampir 11 Hektar Lahan di Pekanbaru Terbakar

Hampir 11 Hektar Lahan di Pekanbaru Terbakar
Kebakaran lahan | net

PEKANBARU - Warga Kota Pekanbaru diminta waspada terhadap ancaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Pasalnya, dari Januari 2023 hingga saat ini lahan yang terbakar di Kota Pekanbaru mencapai 11 hektar. Jumlahnya tersebar di beberapa kecamatan di kota ini. 

Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru, lahan yang sudah terbakar hingga pertengahan Juni 2023 ini tercatat mencapai 10,8 hektar.

Lahan ini terbakar dari belasan kasus kebakaran lahan yang terjadi sejak awal tahun. Total ada 19 kebakaran lahan terjadi dari rentang waktu Januari hingga pertengahan Juni ini.

Kepala BPBD Kota Pekanbaru melalui Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Alan Kurnia mengatakan, kebakaran lahan paling banyak terjadi di Kecamatan Bina Widya.

"Ada enam hektar lebih lah terbakar di Kecamatan Bina Widya, hal itu harus di antisipasi," terang Alan, Senin (12/6). 

Dirinya merinci kejadian paling banyak terjadi pada bulan Februari dan Mei 2023. Ia mengatakan bahwa dalam kurun waktu sebulan kala itu kebakaran lahan terjadi hingga lima kali.

Alan mengaku untuk bulan Juni ini masih belum ada kasus kebakaran lahan. Walau pada bulan ini cuaca cukup panas dengan suhu mencapai hampir 34 derajat celcius.

Alan juga mengatakan bahwa sesuai arahan Walikota Pekanbaru masyarakat diimbau agar jangan sampai membuka lahan dengan cara membakar. Ia menyebut membuka lahan dengan cara membakar bisa memicu kebakaran lahan.

Pihaknya juga berkoordinasi dengan instansi terkait dalam upaya pemadaman maupun mencegah kebakaran lahan. Pihak TNI maupun Polri menyiagakan masing- masing sembilan orang untuk membantu penanganan kebakaran lahan.***

#Kejadian

Index

Berita Lainnya

Index