Ratusan Pengungsi Rohingya Bermukim di Pekanbaru Usai Lebaran

Ratusan Pengungsi Rohingya Bermukim di Pekanbaru Usai Lebaran
Ilustrasi

PEKANBARU - Ratusan pengungsi asal Rohingya bakal ditampung di Kota Pekanbaru. Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Badan Kesbangpol masih melakukan persiapan jelang pemindahan pengungsi Rohingya dari Aceh ke Pekanbaru.

Kepala Badan Kesbangpol Kota Pekanbaru Zulfahmi Adrian mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan semua persiapan yang dilakukan guna penampungan pengungsi tersebut.

Persiapan tempat dan sosialisasi bagi warga sekitar penampungan juga dilakukan. Zulfahmi memperkirakan bahwa ratusan pengungsi Rohingya masuk ke Pekanbaru usai lebaran. 

"Paling cepat akan dilakukan setelah Hari Raya Idul Fitri. Kita masih mendata semua persiapan-persiapan yang harus kita lakukan," kata Zulfahmi, Minggu (10/4/2022). 

Menurutnya, persiapan yang dilakukan seperti melakukan survei tempat untuk melihat kelayakan sesuai dengan Perpres nomor 125 tahun 2016. Mereka juga mencegah terjadinya penumpukan saat pemindahan.

Kemudian, dikatakan Zulfahmi, mereka juga bakal melakukan sosialisasi kepada masyarakat setempat. Hal ini guna menghindari adanya gesekan saat masyarakat mengetahui adanya pengungsi bermukim di wilayahnya.

"Ada tahapan-tahapan itu yang kita lakukan sebelum kita lakukan pemindahan. Yang paling penting adalah kelayakan dari pada tempat yang akan ditempati pengungsi," terangnya. 

Zulfahmi mengaku hingga saat ini, pihaknya belum memutuskan lokasi yang akan ditempati pengungsi dari Myanmar tersebut. Pihaknya juga menyiapkan alternatif untuk ditempati para pengungsi.

"Untuk tempat saat ini belum ada, cuma kita sudah punya beberapa alternatif, dan tempatnya masih kita pelajari. Tempat yang menjadi lokasi pengungsi asal Rohingya tidak sama dengan pengungsi luar negeri dari Timur Tengah," jelasnya. 

Pengungsi Rohingya bakal segera pindah setelah Pemko Pekanbaru menyatakan kesiapan. Mereka juga berkoordinasi dengan IOM dan UNHCR.

"Mereka ke sini tunggu kesiapan kita. Kita berharap paling cepat itu paling setelah lebaran. Karena persiapan tidak semudah kita nyatakan kita setuju kemudian ditempatkan, tidak begitu," pungkasnya.***

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index