Razia Malam, 14 Pebalap Liar Dijaring Polisi

Razia Malam, 14 Pebalap Liar Dijaring Polisi
Para pelaku balap liar diamankan Satlantas Polresta Pekanbaru

PEKANBARU - Belasan sepeda motor berikut pengendaranya dijaring Satlantas Polresta Pekanbaru, dalam razia malam atau Blue Light Patrol yang digelar, Sabtu (27/5) malam. 

Mereka dijaring polisi karena terindikasi melakukan aksi balap liar. Jajaran Satlantas Polresta menjaring dari sejumlah ruas jalan di Pekanbaru. 

Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Jefri RP Siagian mengatakan, razia malam dilakukan dalam rangka menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif serta mengantisipasi aksi balap liar.

"Satlantas Polresta Pekanbaru bersama Polsek jajaran menggelar razia di beberapa lokasi atau ruas jalan di Kota Pekanbaru," kata Kapolresta, Ahad (28/5). 

Ia menuturkan, kegiatan razia malam ini diawali dengan apel yang dipimpin langsung Wakapolda Riau, Brigjen Pol Kasihan Rahmadi serta diikuti 139 personil Satlantas dan Polsek Jajaran.

Kapolresta menyebut, selain dalam rangka menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif serta mengantisipasi aksi balap liar, tujuan digelarnya razia ini untuk keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas serta antisipasi aksi balapan liar dan penggunaan knalpot brong. Kemudian juga sebagai bentuk antisipasi kejahatan jalanan di wilayah hukum Polresta Pekanbaru.

"Dengan Blue Light patrol ini, diharapkan dapat mencegah aksi balapan liar dan kejahatan jalanan. Mari kita berikan rasa aman kepada masyarakat Kota Pekanbaru," terang Kapolresta. 

Kepada personil tambah Kapolresta, agar memetakan dimana daerah rawan terjadinya tindak kejahatan seperti curas, curat dan curanmor.

Usai mendapat arahan, seluruh personil Satlantas langsung menggelar patroli keliling Kota Pekanbaru, begitu juga dengan personil Polsek Jajaran langsung menggelar Patroli di daerah masing-masing.

Dalam patroli tersebut ada 14 kendaraan milik pelaku balap liar berhasil diamankan petugas Satlantas saat beraksi di jalan Arifin Ahmad Pekanbaru.

Kasat Lantas Polresta Pekanbaru, Kompol Birgitta menambahkan, balap liar tersebut terjadi di seputaran Jalan Arifin Achmad. Para pelakunya rata-rata dari kalangan remaja yang kebanyakan berstatus pelajar.

"Kita berhasil mengamankan 14 sepeda motor. Dimana motor tersebut kita amankan saat digunakan para pelaku yang umumnya masih pelajar untuk balapan liar," kata Kompol Birgitta. 

Birgitta mengatakan, pihaknya melakukan penindakan dengan penerapan ETLE ataupun tilang manual terhadap para pelaku balap liar tersebut.

"Saat ini seluruh motor yang digunakan untuk balap liar diamankan di Mapolresta Pekanbaru guna menjalani proses hukum selanjutnya," tutup Birgitta.***

#Kejadian

Index

Berita Lainnya

Index