Diskes Pekanbaru Belum Terima Laporan Warga Jatuh Sakit Dampak Cuaca Ekstrem

Diskes Pekanbaru Belum Terima Laporan Warga Jatuh Sakit Dampak Cuaca Ekstrem
Kepala Dinas Kesehatan Pekanbaru, dr Zaini Rizaldy Saragih

PEKANBARU - Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, hingga kini belum menerima laporan dampak cuaca ekstrem terhadap kesehatan masyarakat. Pasalnya, suhu udara di Kota Pe­kanbaru saat ini ternilai ekstrem, karena bi­sa mencapai 35 derajat cel­sius

Kepala Diskes Kota Pekanbaru dr Zaini Rizaldy Saragih mengatakan, pihaknya belum terima laporan masyarakat yang jatuh sakit dampak cuaca ekstrem saat ini. Infeksi Saluran Pernapasan Atas atau ISPA biasanya menjadi salah satu penyakit yang sering terjadi saat kondisi cuaca seperti ini. 

"Di tengah cuaca ekstrem ini biasanya penyakit yang banyak muncul itu adalah ISPA, namun sejauh ini di Pekanbaru masih biasa saja," kata Zaini, Minggu (21/5). 

Meskipun begitu, pihaknya tetap mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan di tengah cuaca ekstrem dengan suhu panas menyengat dan tiba-tiba turun hujan.

"Cuaca ekstrem ini pengaruhnya itu ke ISPA. Untuk ISPA ini memang ada kenaikan, tapi sedikit, tidak signifikan," terang Zaini. 

Ia menuturkan, di cuaca ekstrem seperti ini ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar terhindar dari dampak cuaca ekstrem. Di antaranya menyarankan kepada warga agar mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang, cukup kalori, protein, karbohidrat, lemak, dan bervitamin.

Kemudian, warga harus mengurangi mengonsumsi makanan yang manis-manis, berminyak, bersantan, berlemak, terutama untuk warga yang sudah berusia 50 tahun ke atas karena pencernaannya kan sudah terbatas dan mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang. Warga juga dianjurkan banyak mengonsumsi air putih.

"Minimalnya, tubuh kita memerlukan air putih itu dua liter per hari," jelasnya. 

Selain mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan air putih, dikatakan Zaini warga juga dianjurkan aktif melakukan aktivasi fisik seperti berolahraga seperti berjalan kaki.

''Oleh karena itu agar kesehatan tubuh terjaga, maka konsumsilah makanan bergizi seimbang, banyak minum air putih dan olahraga ini. Mudah-mudahan kita bisa terhindar dari dampak cuaca ekstrem," ungkapnya. 

Zaini mengimbau kepada masyarakat, jika memang ada yang memiliki keluhan kesehatan segera kunjungi fasilitas kesehatan agar diberikan penangan yang tepat.***

#Kejadian

Index

Berita Lainnya

Index