Pesona Oscar, Ikan Predator Asal Amerika Selatan

Pesona Oscar, Ikan Predator Asal Amerika Selatan
Beberapa jenis Oscar milik salah seorang penghobi ikan | foto/Ridho

Riaukini.com - Oscar, salah satu ikan predator yang tengah naik daun saat ini. Jenis ikan air tawar ini banyak diminati para penghobi. Ikan dari Amerika Selatan ini makin banyak dicari. Warna sisiknya yang beragam dan kontras, menjadi daya tariknya.

Eko Agus Haryono, penyuka ikan predator mengaku gandrung dengan Oscar bukan karena ikut tren. Tapi sudah cukup lama. 

“Dari kecil sudah senang Oscar. Dahulu jenisnya belum sebanyak sekarang. Adanya hitam atau hijau. Sekarang ada merah, kuning, banyak variasinya,” jelasnya dikutip dari RADARSOLO.ID

Pulang dari perantauan, Eko makin gandrung dengan oscar. Tambah serius berburu beragam jenis oscar untuk mengisi akuariumnya. Hasilnya, oscar jenis tiger, tembaga, slayer (ekor rumbai), hingga short body, menjadi koleksinya.

“Jatuh hati karena warnanya. Tinggal bagaimana cara perawatan. Apakah ingin menonjolkan warna atau memaksimalkan pertumbuhannya dulu. Memang ada jenis-jenis pakan (pelet) untuk memaksimalkan warna. Tapi kalau saya pakai udang beku agar lebih natural dan hemat,” bebernya.

Pesona oscar lebih indah ketika dipelihara lebih dari satu ekor maupun dicampur dengan jenis lainnya. Yang perlu diperhatikan, ukuran ikan jenis lain jangan lebih kecil atau malah lebih besar dari oscar karena bisa saling memangsa.

“Itu salah satu tips. Satu lagi, jumlah ikan baik oscar maupun lainnya, lebih dari lima agar tidak bertengkar,” jelas Eko.

Perlu diperhatikan pula kualitas air, kebersihan filter dan akuarium. Sebab, ketika air kotor, berpontesi menyebabkan penyakit. Antara lain mata berkabut, mata bengkak, kutu, dan sebagainya.

“Kunci memelihara ikan itu rutin mengganti air. Kalau saya, maksimal dua pekan sekali harus ganti air,” terangnya.

Soal harga, oscar varian umum dengan ukuran sedang dibanderol di bawah Rp 100 ribu. Untuk yang motifnya sudah muncul, bisa lebih dari Rp 200 ribu.

Jenis yang paling sulit dicari yakni slayer king short body. Harganya suka-suka pedagang. “Bicara hobi, berapa pun uang yang dikeluarkan, tidak masalah. Rasanya cuma senang. Ada kepuasan lahir dan batin. Bisa bikin bahagia dan menghilangkan stres,” pungkasnya.***

#Kejadian

Index

Berita Lainnya

Index