Menuju Layanan Prima, Dishub dan Rekanan Beri Pembekalan ke Ratusan Jukir

Menuju Layanan Prima, Dishub dan Rekanan Beri Pembekalan ke Ratusan Jukir
Kepala Dishub Pekanbaru, Yuliarso memaparkan SOP layanan parkir ke peserta pembekalan

PEKANBARU - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru, bersama rekanan pengelolaan parkir tepi jalan umum menggelar sosialisasi dan pembekalan terhadap juru parkir (Jukir), di ballroom Grand Elite Hotel, Minggu (21/8/2022). 

Kegiatan ini diikuti oleh ratusan jukir yang berada di wilayah zona I atau dibawah binaan PT. Yabisa Sukses Mandiri (YSM) selaku rekanan. Sejumlah narasumber didatangkan mulai dari Polresta Pekanbaru, Kejaksaan Negeri Pekanbaru, pemerintah kota, dan dari perwakilan PT YSM sendiri. 

Kepala Dishub Pekanbaru Yuliarso mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk memberikan pembekalan kepada jukir dalam melayani pengendara yang akan parkir.

"Karena pengelolaan parkir itu tidak hanya mengambil uangnya saja, namun hari ini konsepnya adalah jasa layanan. Dengan jasa layanan tentu ada layanan yang prima, layanan lebih baik," kata Yuliarso.

Selama ini kata Yuliarso, pihaknya masih mendapatkan laporan adanya pelayanan yang kurang baik. Seperti adanya jukir yang muncul hanya pada saat kendaraan keluar, jukir yang tidak memberikan karcis dan jukir yang tidak ramah. 

Menurutnya, jukir ini merupakan perwakilan dari Pemko Pekanbaru, kepada seluruh pengendara maupun wisatawan yang memanfaatkan layanan parkir. Ia menilai, jika jukir tidak dibimbing dan dibekali, Ia khawatir tujuan dari pengelolaan parkir ini tidak tercapai. 

Dirinya meyakini, jika pembekalan diberikan kepada jukir dilakukan berkelanjutan maka akan dapat membuat pelayanan yang diberikan lebih maksimal. Dengan kegiatan ini diharapkan juga bisa membentuk karakter jukir yang baik dalam pelayanan. 

Sementara itu, Perwakilan PT. YSM Ichwan Sunadi mengatakan, saat ini ada sekitar 1.500 jukir dibawah binaan mereka. Mereka secara bertahap terus memberikan pembekalan terkait layanan prima yang harus diberikan kepada masyarakat.

"Kita dari PT. Yabisa tetap komitmen meningkatkan pelayanan parkir. Termasuk terkait kelengkapan atribut dan karcis," ujar Ichwan.

Menurutnya, seiring itu pihaknya tetap melakukan evaluasi terhadap seluruh jukir. Mereka mengevaluasi jukir nakal atau yang tidak mengikuti aturan dalam SOP. 

"Mana (Jukir) yang bisa diarahkan, akan tetap kita pertahankan. Tapi mana yang tidak bisa kita sanksi dengan surat peringatan satu, dua, dan tiga. Kita menuju untuk layanan prima," pungkasnya.***

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index