Dalam Waktu Dekat Pj Walikota Bakal Audit Seluruh BUMD

Dalam Waktu Dekat Pj Walikota Bakal Audit Seluruh BUMD
Ilustrasi

PEKANBARU - Pj Walikota Kota Pekanbaru Muflihun dalam waktu dekat bakal melakukan audit terhadap seluruh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dibawah naungan Pemko Pekanbaru. Dirinya ingin mengetahui kondisi terkini badan usaha tersebut. 

Muflihun ingin mengetahui pendapatan atas penyertaan modal yang diberi pemerintah kota ke badan usaha tersebut. Ia menyebut ada kucuran Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) yang diberikan pemerintah ke BUMD. 

"Wajar-wajar saja saya meaudit kan. Saya ingin tahu, yang namanya BUMD itu kan ada kucuran APBD di sana," kata Muflihun, Minggu (31/7/2022). 

Ia mengaku tidak ingin APBD yang diberikan pemerintah kota tidak bermanfaat dalam membawa keuntungan bagi BUMD itu sendiri dan masyarakat. 

Dirinya tidak ingin larut dengan APBD yang dikucurkan ke BUMD tidak membawa manfaat. Dia ingin BUMD dapat memaksimalkan potensi pendapatan dan layanan yang diberikan kepada masyarakat. 

"Kita mau bermanfaat semua, jangan sampai rugi lah," tegas Muflihun. 

Menurutnya, salah satu BUMD yakni BPR Pekanbaru sudah mulai memperoleh laba tahun ini hingga Rp1 Miliar. "Yang lain saya ingin tahu juga, berapa kucuran APBD, berapa hutang, berapa laba," pungkasnya. 

Sebelumnya, Pemko Pekanbaru tengah mengevaluasi kinerja direksi seluruh BUMD. Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun telah memanggil beberapa direksi BUMD dibawah naungan pemerintah kota. 

Muflihun mengatakan, dirinya bakal memanggil seluruh direksi BUMD satu per satu. Dirinya ingin mengetahui kendala dan persoalan yang ada pada BUMD tersebut. Pasalnya, beberapa BUMD milik Pemko Pekanbaru dalam kondisi "sakit".

"Kita mau evaluasi juga kan, untuk apa BUMD kalau tidak ada menghasilkan (Pendapatan Asli Daerah)," kata Muflihun, Senin (4/7/2022). 

Menurutnya, salah satu direksi BUMD yang telah dilakukan pemanggilan adalah PDAM Tirta Siak. Salah satu permasalahan yang muncul saat ini adalah terkait layanan suplai air bersih ke masyarakat.***

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index