Realisasi Fisik APBD Belum Capai Target, Pj Walikota Evaluasi Kepala OPD

Realisasi Fisik APBD Belum Capai Target, Pj Walikota Evaluasi Kepala OPD
Pj Walikota Pekanbaru Muflihun

PEKANBARU - Pj Walikota Pekanbaru Muflihun, menyoroti kinerja sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru. 

Pasalnya realisasi fisik dan keuangan hingga Juli 2022 di sebagian besar OPD masih di bawah 50 persen.

Muflihun menegaskan bakal melakukan evaluasi terhadap kinerja sejumlah kepala OPD di lingkungan pemerintah kota. Mereka yang tidak mampu mengurus ini tentu tidak bakal dipertahankan.

"Kalau tidak mampu mundur saja, kenapa dipaksa, kerjaan ini tidak bisa dipaksa," kata Muflihun, Selasa (19/7/2022).

Dirinya menilai bahwa para kepala OPD mestinya menjadikan pemerintah kota sebagai rumah. Mereka mesti menjaga dan membersihkan rumahnya sendiri.

"Kita sudah ingatkan, kenapa banyak yang realisasi anggarannya masih rendah. Sekarang baru sibuk," terangnya. 

Muflihun mengajak seluruh jajaran OPD untuk komitmen bersama membangun kota selama satu tahun ini. Ia mengaku bahwa sejumlah pejabat eselon enggan berkomunikasi dengan dirinya.

"Sampai sekarang masih ada eselon II enggan komunikasi dengan saya, bagaimana kita memberi arahan. Padahal banyak sekali permasalahan yang harus dituntaskan," pungkasnya. 

Dalam rapat evaluasi realisasi fisik dan keuangan triwulan II Tahun Anggaran 2022, Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Pekanbaru tahun 2022 masih belum capai target.

Secara umum untuk realisasi fisik baru di angka 42,48 persen. Muflihun mengharapkan OPD untuk menggesa realisasi itu. Dirinya menekankan kepada OPD, apa yang dianggarkan di OPD Itu segera itu dilaksanakan.***

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index