Cari Ikan di Kanal, Pekerja Tewas Diseret Buaya

Cari Ikan di Kanal, Pekerja Tewas Diseret Buaya
Basarnas dibantu warga sekitar mengevakuasi jasad korban

Riaukini.com - Konflik buaya liar dengan manusia kembali terjadi, di Rawa Empat, Desa Terbangiang, Kecamatan Bandar Petalangan, Kabupaten Pelalawan, Jumat (17/6/2022).

Dalam konflik tersebut, Buaya Sinyulong berhasil menyeret hingga membunuh seorang pekerja harian bernama Katius Zebua (21).

Kepala Bidang BBKSDA Wilayah I, Andri Hansen Siregar membenarkan pihaknya telah menerima laporan terkait konflik buaya dengan manusia di Kabupaten Pelalawan.

"Benar kita sudah menerima laporan bahwa ada seekor Buaya Sinyulong menyerang manusia. Dari keterangan dilokasi saat itu korban KZ sedang mencari ikan di kanal batas PT CAS (Cakra Alam Sakti)," katanya, Minggu (19/6/2022) sore.

Kata Andri Hansen Siregar, setelah menerima laporan tersebut, Jumat malam tim BBKSDA Riau langsung turun ke lokasi kejadian.

"Tim sudah melakukan pencarian terhadap Buaya Sinyulong, namun tim belum menemukannya. Dari pengamatan tim di lapangan, lokasi terjadinya serangan buaya merupakan habitat buaya karena lokasi tersebut merupakan hamparan rawa dan dialiri oleh Sungai Kerumutan yang terhubung dengan kanal milik PT CAS," bebernya.

Masih kata Andri Hansen Siregar, pihaknya sudah melakukan sosialisasi serta menghimbau agar masyarakat tetap waspada jika berada disekitar sungai dan kanal.

"Kepada masyarakat agar waspada dan berhati-hati jika berada di sungai dan kanal. Karena antara pukul 17.00 WIB hingga 07.00 WIB buaya biasanya mencari mangsa. Dan kita berharap agar masyarakat tidak memburu dan membunuh buaya tersebut karena masuk salah satu hewan yang dilindungi," pungkasnya.***

#Kejadian

Index

Berita Lainnya

Index