Kabur dari Penampungan, Puluhan Pengungsi Rohingya Belum Ditemukan

Kabur dari Penampungan, Puluhan Pengungsi Rohingya Belum Ditemukan
Lokasi penampungan pengungsi Rohingya

PEKANBARU - Puluhan pengungsi Rohingya yang melarikan diri dari tempat penampungan beberapa waktu lalu belum ditemukan. Pihak terkait masih melakukan upaya pencarian terhadap 26 pengungsi Rohingya tersebut. 

Tim Penanganan Pengungsi Luar Negeri (PPLN) Pekanbaru masih menelusuri keberadaan pengungsi asal Rohingya yang kabur. Ada kemungkinan para pengungsi Rohingya di Kota Pekanbaru menyebrang ke Malaysia usai melarikan diri.

"Kita belum mengetahui keberadaan pengungsi ini, apa mereka menyebrang ke Malaysia atau belum," kata Kepala Badan Kesbangpol Kota Pekanbaru, Zulfahmi Adrian, Selasa (31/5/2022).

Menurutnya, pengungsi asal Rohingya kerap tidak diketahui kabarnya setelah kabur dari akomodasi. Ia menyebut bahwa tim bercermin pada pengalaman pengungsi Rohingya yang kabur di Aceh.

Pengungsi Rohingya biasanya tidak ingin kembali ke akomodasi yang ada setelah melarikan diri. Keberadaan mereka pun tidak diketahui hingga kini.

"Setelah kabur melarikan diri itu, tidak tahu juga kita kemana perginya," terang Zulfahmi. 

Dirinya mengatakan bahwa tim masih menerima informasi dari masyarakat bila mengetahui keberadaan para pengungsi. Apalagi pengawasan terhadap pengungsi hingga ke daerah luar Kota Pekanbaru masih minim.

Tim PPLN pun kordinasi dengan instansi terkait. Mereka berencana segera menggelar rapat satgas membahas permasalahan ini dengan tim.

Zulfahmi menyebut bahwa tidak hanya pengungsi yang kabur ke Malaysia. Ada juga pengungsi yang kabur ke Indonesia dari Malaysia sehingga pengawasan di wilayah perbatasan sangat dibutuhkan.

"Kita sudah sampaikan ke satgas nasional, agar menjadi atensi. Sehingga kita bisa kordinasi dalam pengawasan wilayah perbatasan," pungkasnya.***

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index