Satupun Belum Ditemukan, Puluhan Pengungsi Rohingya Diduga Melarikan Diri ke Malaysia

Satupun Belum Ditemukan, Puluhan Pengungsi Rohingya Diduga Melarikan Diri ke Malaysia
Ilustrasi

PEKANBARU - Kesbangpol Kota Pekanbaru masih melakukan koordinasi dengan pihak terkait, dalam upaya pencarian puluhan pengungsi Rohingya yang melarikan diri dari tempat penampungan. 

Kepala Badan Kesbangpol Kota Pekanbaru, Zulfahmi Adrian mengatakan ada 26 orang yang melarikan diri dan belum satupun yang ditemukan. Dirinya menyebut, ada dugaan puluhan etnis Rohingya ini lari menuju Malaysia. 

Pihaknya telah melakukan penelusuran dan berkomunikasi dengan sejumlah kerabat etnis Rohingya yang melarikan diri tersebut. 

"Jadi kita sudah ke sana. Ketemu dengan beberapa orang Rohingya, mereka menyatakan tetap berusaha masuk Malaysia. Mungkin di sana ada keluarganya," kata Zulfahmi Adrian, Jumat (27/5/2022). 

Zulfahmi juga mengungkapkan, pengungsi Rohingya ini biasanya masuk ke Malaysia melalui sindikat perdagangan orang. 

"Biasanya orang ini, biasa mereka diatur oleh sindikat perdagangan orang. Mencoba masuk melalui jalur tikus," jelasnya. 

Ia mengakui, timnya sudah turun ke tempat penampungan. Sebelum pengungsi Rohingya kabur, CCTV yang terpasang hanya di depan saja. Sementara pengungsi ini lari lewat belakang tempat penampungan. Ada jendela yang dibuka, dan mereka turun menggunakan tali.

Saat ini, di sekeliling tempat penampungan itu sudah dipasang CCTV. Zulfahmi menyebut, pihaknya memasang CCTV di 11 titik. Ia memastikan pencarian tetap dilakukan bersama pihak terkait. 

"Kita mencarinya tidak seperti penjahat lah. Tetap koordinasi kita lakukan, kita mengharapkan dukungan masyarakat, kalau nampak keberadaan mereka," pungkasnya.***

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index