Orang Tua Tak Beri Izin Vaksin Anak

Walikota Minta Orang Tua Sukseskan Vaksinasi Anak

Walikota Minta Orang Tua Sukseskan Vaksinasi Anak
Walikota Pekanbaru, Dr Firdaus MT

PEKANBARU - Saat ini Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru gencar melakukan vaksinasi terhadap anak usia enam hingga 11 tahun. Ada 103.017 anak menjadi sasaran penerima vaksin Covid-19. 

Mayoritas anak yang menjalani vaksinasi adalah murid yang berada di tingkat Sekolah Dasar (SD). Sejumlah orang tua murid pun enggan mengizinkan anak mereka untuk menjalani vaksin karena takut resiko yang timbul kemudian. 

Walikota Pekanbaru, Firdaus menyatakan tidak ada paksaan bagi orang tua untuk mengizinkan anak mereka untuk suntik vaksin. Namun ia meminta kepada tim Satgas Covid-19 Kota Pekanbaru lebih melakukan sosialisasi kepada orang tua murid. 

"Kita juga memberikan edukasi kepada orang tua yang belum mendukung (Vaksin). Apa yang dilakukan pemerintah ini merupakan untuk kebaikan kita semua," kata Firdaus, Kamis (27/1/2022). 

Menurutnya, dengan melakukan vaksinasi akan membentuk kekuatan imun pada tubuh. Hal ini sesuai dengan arahan pemerintah untuk membentuk herd imunnity atau kekebalan kelompok. Maka seluruh kalangan usia pun bakal mendapat suntik vaksin untuk membentuk kekebalan kelompok. 

Firdaus menyebut, saat ini sudah sekitar 40 ribu anak di Pekanbaru telah mendapat vaksinasi. Dari jumlah itu belum ada satu kasus pun ditemukan yang memiliki gejala berat pasca vaksinasi. 

"Maka kita sampaikan bahwa resiko pasca vaksinasi yang beredar ditengah masyarakat itu hoax saja. Buktinya di kota Pekanbaru sudah 40 ribu lebih anak yang vaksin, tidak ada satu kasus pun kita temukan," terangnya. 

Dirinya mengimbau kepada orang tua murid dan masyarakat, selain menjalankan protokol kesehatan agar melakukan vaksinasi guna mencapai kekebalan kelompok. 

"Paksaan tidak, imbauan tentu. Supaya ini kesadaran bagi kita semua. Karena bukan hanya menyelamatkan anaknya dia, tapi ingin menyelamatkan generasi bangsa," pungkasnya.***

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index