Jabatan 4 Kepala OPD Pemko Pekanbaru Dilelang

Jabatan 4 Kepala OPD Pemko Pekanbaru Dilelang
Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun

PEKANBARU - Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun, segera melelang jabatan di empat Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Lelang jabatan ini seiring kosongnya pejabat defenitif di empat OPD di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru. 

Jabatan eselon II ini diantaranya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang), Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda). 

Pj Walikota Pekanbaru Muflihun mengatakan, pihaknya akan membuka seleksi untuk memilih pejabat yang bisa menempati posisi tersebut. 

Muflihun menyebut, ada tiga jabatan kepala OPD definitif yang sudah kosong atau saat ini dijabat oleh Pelaksana Tugas (Plt) dan satu pejabat eselon II akan memasuki masa pensiun. 

"Ada jabatan yang kosong. Jabatan lain juga akan kosong karena ada pejabat eselon II yang akan pensiun pada bulan November nanti," kata Muflihun, Selasa (18/7). 

Ia menerangkan, sesuai aturan proses seleksi atau asesmen jabatan susah bisa dilakukan 6 bulan sebelum masa jabatan pejabat eselon II itu pensiun. Makanya, proses asesmen terhadap empat kepala OPD ini akan digelar sekaligus. 

Para pegawai yang memenuhi syarat bisa mengikuti asesmen ini. Ada sejumlah tahapan seleksi yang harus dilalui. Mulai uji kompetensi dasar hingga kompetensi bidang. 

"Makanya, jauh hari kami siapkan agar tidak ada jabatan eselon II yang kosong. Supaya tidak putus roda pemerintahan di masing-masing OPD," terang Muflihun. 

Ia mengaku, proses asesmen empat kepala OPD ini sudah diajukan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Informasi terakhir, Kemendagri sedang memproses pengajuan asesmen itu.

"Setelah itu, kami minta izin ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Kemudian, kami gelar lelang jabatan atau pen bidding," jelas Muflihun.

Untuk diketahui, tiga jabatan kepala OPD berstatus Plt. Tiga OPD itu antara Dinas PUPR, BKPSDM, dan Disketapang. Sedangkan Kepala Bappeda Ahmad akan pensiun pada bulan November 2023.***

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index