Disambut Antusias Warga, Gerakan Pangan Murah Diluncurkan

Disambut Antusias Warga, Gerakan Pangan Murah Diluncurkan
Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun didampingi istri dan Kepala Disketapang El Sabrina foto bersama dalam kegiatan pangan murah

PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, melalui Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang) meluncurkan Gerakan Pangan Murah (GPM) Serentak Nasional di eks Kantor Disketapang Kota Pekanbaru, Senin (26/6/2023). Adanya pasar murah ini tentu memberi kemudahan bagi masyarakat.

"Jadi masyarakat bisa mendapat bahan pangan dengan harga lebih murah," kata Pj Wali Kota Pekanbaru, Muflihun usai meluncurkan program tersebut.

Dirinya mengatakan bahwa bahan pangan murah ini hasil kerjasama pemerintah kota bersama sejumlah pihak. Ia berharap pasar murah serupa bisa digelar secara rutin.

Muflihun tidak ingin keberadaan pasar murah ini dimanfaatkan oleh oknum tidak bertanggung jawab. Padahal pasar murah ini untuk menyediakan bahan pangan dengan harga di bawah harga pasar.

Dirinya tidak ingin bahan pangan murah ini malah dijual lagi. Maka ia meminta pengawasan ketat dari pihak terkait agar pasar murah ini bisa tepat sasaran.

"Jangan sampai malah ada yang menimbun nanti, kita harapkan masyarakat pun bijak berbelanja di pasar murah," ulasnya.

Muflihun menilai inflasi kota masih di batas  normal. Ia menyebut keberadaan pasar murah ini juga bertujuan untuk mengendalikan inflasi.

"Kita juga mengajak kalangan pelaku usaha ikut mendukung pasar murah, dengan menyediakan bahan pangan dengan harga murah," paparnya.

Muflihun mengajak partisipasi perusahaan atau badan usaha swasta untuk menggelar Gerakan Pangan Murah. Pasalnya, gerakan ini mendapatkan antusiasme tinggi dari masyarakat.

Gerakan Pangan Murah yang dilaksanakan Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang) Kota Pekanbaru bersama Bapanas, Bank Indonesia dan perusahaan BUMN food.id ini terbukti memiliki kontribusi besar dalam mendukung kebutuhan bahan pokok masyarakat sehari-hari. Maka dari itu, bersama swasta dan pemerintah, ia berharap GPM dapat lebih sering digelar.

''Ya, kita bisa lihat bagaimana antusiasme warga ketika dilaksanakan GPM oleh Dinas Ketahanan Pangan Pekanbaru dan Bapanas bekerja sama dengan Bank Indonesia. Kita mengajak, semua stake holder, termasuk swasta untuk juga ikut membantu masyarakat lewat acara seperti ini,'' ujarnya.

Menurutnya, Pemko Pekanbaru akan selalu mendukung program-program yang langsung bersentuhan dengan masyarakat. Termasuk pelaksanaan GPM di tengah-tengah masyarakat.

''Kita akan tingkatkan lagi, lebih sering lebih bagus, karen membantu masyarakat. Tapi tugas ini juga harus menjadi atensi kalangan usaha, sehingga lebih massif dan hasilnya bisa membantu untuk mencegah dampak inflasi,'' pungkasnya.***

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index