Pemko Terima Rp670 Juta Dana Bagi Hasil Pengelolaan Pasar Bawah

Pemko Terima Rp670 Juta Dana Bagi Hasil Pengelolaan Pasar Bawah
Asisten II Setdako Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut

PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, akan terima Rp670 juta lebih per tahun dari dana bagi hasil kerjasama pengelolaan Pasar Wisata Pasar Bawah dengan pihak swasta. 

Asisten II Setdako Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut mengatakan, Pemko Pekanbaru bersama PT Ali Akbar Sejahtera (AAS) telah menandatangani Kerjasama Pemanfaatan (KSP) Pasar Bawah pada 12 April 2023 lalu.

Perjanjian KSP dengan PT AAS ini berlaku hingga 30 tahun kedepan. Dalam KSP tersebut, PT AAS telah berkomitmen membayar atau berkontribusi untuk Pemko Pekanbaru sebesar Rp670 juta lebih.

"Kontribusi tetap Rp670 juta lebih per tahun, setiap tahun naik 3 persen, sampai tahun ke-30. Kemudian pemko mendapatkan bagi hasil 63,51 persen dan masuk ke kas daerah Kota Pekanbaru," kata Ingot, Selasa (13/6). 

Pemko Pekanbaru melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan sudah mensosialisasikan alih kelola Pasar Bawah tersebut. Sosialisasi ini disampaikan kepada pedagang, bahwa saat ini pengelolaan Pasar Wisata Pasar Bawah sudah dikelola oleh PT AAS.

"Kita sosialisasi KSP pengelolaan pasar bawah. Langkah-langkahnya tentu akan dilaksanakan renovasi, perbaikan, agar Pasar Bawah ini lebih baik," terang Ingot.

Dikatakannya, para pedagang sudah mengalami dilema selama satu tahun atau bahkan dua tahun. Namun, saat ini pengelolaan Pasar Bawah sudah menemukan kepastian.

Ia berharap, dengan pengelola yang baru, pengelola Pasar Bawah akan lebih baik. Terutama lingkungan dan bangunan Pasar Bawah sendiri.

"Kita akan renovasi, perbaikan, pembenahan, terhadap lingkungan dan bangunannya sendiri. Dengan design yang baru kita harapkan lebih baik kedepannya," harapnya.

Ia menambahkan, bahwa untuk perbaikan ataupun renovasi Pasar Bawah merupakan tanggung jawab PT AAS. Semua anggaran yang dikeluarkan untuk renovasi Pasar Bawah berasal dari PT AAS.

Dalam rencananya, PT AAS akan menghabiskan anggaran sebesar Rp30 miliar untuk merenovasi bangunan Pasar Wisata Pasar Bawah tersebut. "Anggaran yang digunakan PT Ali Akbar, budgetnya sekitar Rp30 miliar untuk pelaksanaan renovasi," pungkasnya.***

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index