Pedagang Pasar Bawah Pekanbaru Dipindah ke Area Pelindo

Pedagang Pasar Bawah Pekanbaru Dipindah ke Area Pelindo
Pasar Wisata Pasar Bawah | net

PEKANBARU - Para pedagang yang berada di Pasar Wisata Pasar Bawah bakal dipindahkan ke Tempat Penampungan Sementara (TPS). Pemindahan ini seiring akan dilakukannya perbaikan beberapa bangunan di pasar tersebut. 

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin mengatakan, pihaknya akan menyampaikan kepada pedagang terkait bentuk dan konsep Pasar Bawah kedepan. Sosialisasi akan dilakukan pada minggu ini.

"Bentuknya seperti apa, konsepnya seperti ini. Nanti kita akan lakukan sosialisasi, minggu ini mudah-mudahan," kata Ami sapaan akrabnya, Senin (12/6). 

Ia menuturkan, pengelolaan Pasar Wisata Pasar Bawah Kota Pekanbaru, telah diserahkan kepada pemenang tender PT Ali Akbar Sejahtera (AAS). Dalam pengelolaannya, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melakukan Kerjasama Pemanfaatan (KSP).

Perjanjian KSP tersebut berlaku untuk 30 tahun yang akan datang. Untuk itu, pengelolaan sepenuhnya diambil alih oleh pihak ketiga termasuk perawatan dan pemeliharaan gedung.

Dalam pengelolaan ini, pengelola Pasar Bawah itu akan melakukan perbaikan gedung. Perbaikan rencananya akan dilakukan dalam waktu dekat.

Ami menyebut, bahwa untuk KSP sudah ditandatangani dengan pihak ketiga PT AAS. Mereka akan mengelola Pasar Wisata Pasar Bawah selama 30 tahun ke depan.

Pihaknya juga melakukan sosialisasi kepada pedagang bahwa saat ini sudah ada pemenang tender pengelola Pasar Bawah, sekaligus perbaikan yang dilakukan oleh pengelola.

"Kita akan sosialisasi, bahwa sudah buka tender, sudah ada pemenang tender, sudah ditandatangani kerjasama pemanfaatannya selama 30 tahun," paparnya.

Terkait perbaikan Pasar Wisata Pasar Bawah, ditambahkan Ami, para pedagang akan dipindah ke TPS. Dikatakannya, dalam masa perbaikan nanti akan sedikit menggangu aktivitas para pedagang.

Karena itu, pengelola juga akan membangun TPS untuk menampung pedagang yang berada di Pasar Bawah tersebut. Rencananya, TPS itu akan dibangun pengelola di area Pelindo tidak jauh dari pasar tersebut. 

"Nanti TPS akan dibangunkan oleh PT AAS itu. Dekat pelindo nanti," jelasnya. 

Untuk pembangunan TPS tersebut, Ia menyebut para pedagang tidak dikenakan biaya apa pun. "Sudah saya tanya kemarin, untuk TPS tidak berbayar, gratis," pungkasnya.***

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index