Pemko Pekanbaru Ganti Landmark dari Madani ke Kota Bertuah

Pemko Pekanbaru Ganti Landmark dari Madani ke Kota Bertuah
Pekerja melakukan pembongkaran tulisan Pekanbaru Madani

PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru mengganti landmark dari Kota Madani menjadi Kota Bertuah. Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru mulai mengganti landmark Madani ke Bertuah pada tulisan "Pekanbaru Kota Madani" yang terpampang di Simpang Tiga kawasan Bandara SSK II dan di Palas, Rumbai.

"Pembongkaran (tulisan Madani) kita lakukan hari ini. Ada dua titik yang kita bongkar, pertama di dekat bandara dan satu lagi di Palas," kata Kepala Bidang Pertamanan DLHK Kota Pekanbaru Langgeng, Kamis (8/6/2023).

Ditargetkan, kata dia, pemasangan tulisan Bertuah telah tuntas sebelum Hari Jadi ke-239 Pekanbaru tanggal 23 Juni 2023 mendatang.

"Sebenarnya sekarang tinggal dipasang saja lagi, karena tulisan Bertuah sudah selesai sejak sebulan lalu," ucapnya.

Disampaikan Langgeng, adanya penggantian landmark Madani ke Bertuah merupakan inisiatif pihaknya menyikapi pernyataan Pj Walikota Pekanbaru Muflihun yang menginginkan julukan Pekanbaru kembali ke Kota Bertuah.

"Di beberapa kesempatan juga beliau (Pj walikota) sudah menyampaikan, di berita-berita juga sudah ada itu bahwa Pekanbaru kembali ke Bertuah. Jadi kami berinisiatif untuk menggantinya ke Bertuah," tutup Langgeng.

Sebelumnya Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun menginginkan di 2023 ini julukan Kota Pekanbaru kembali ke Kota Bertuah. Keinginan itu juga berdasarkan masukan dari berbagai pihak.

"Terkait hal ini saya memang sudah banyak mendapatkan masukan dari berbagai tokoh masyarakat. Pak Pj, Pekanbaru mari kita kembalikan ke Bertuah. Itu kata para tokoh masyarakat. Dan menurut saya itu juga bagus," ujar Muflihun, Senin (2/1/2023).

Ia mengatakan dari dulu sebenarnya Pekanbaru itu Bertuah. Dan arti Bertuah itu sangat bagus.

"Bertuah itu memiliki arti yang sangat bagus. Bertuah itu Bersih, Tertib, Usaha Bersama, Aman, Harmonis. Itu kan bagus. Belum lagi kalau kita bicara soal bertuah, kita bisa dapat tuahnya. Makanya ini wajib kita pertimbangkan kembali," ujarnya.

Untuk itu dirinya juga meminta agar tulisan Pekanbaru Kota Madani yang berada di Jalan Sudirman dekat gerbang bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru untuk diubah dan diganti menjadi Pekanbaru Bertuah.

"Kita minta itu tulisan Pekanbaru Madani yang ada di dekat bandara agar diubah kembali menjadi Pekanbaru Bertuah," sebutnya.

Ia menegaskan untuk penggunaan madani dipersilahkan namun bukan untuk julukan. Misalnya untuk Smart City Madani. Namun untuk julukan, Pekanbaru harus kembali ke bertuah.

"Saya tegaskan arti bertuah itu sangat bagus. Ada makna Melayu disana, bertuah itu ada tuahnya. Kita berharap kita punya tuah, jadi banyak yang bisa kita ambil makna dari bertuah, jadi saya harap itu bisa diubah," ungkapnya.

"Mudah-mudahan dengan Bertuah ke depan Pekanbaru bisa lebih baik," pungkasnya.***

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index