Tahun ini 95 persen Warga Pekanbaru Ditargetkan Punya Jaminan Kesehatan

Tahun ini 95 persen Warga Pekanbaru Ditargetkan Punya Jaminan Kesehatan
Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution memimpin rapat percepatan UHC

PEKANBARU - Pemerintah Kota Pekanbaru menargetkan Juli 2023 nanti seluruh warga sudah mendapat jaminan kesehatan. Pemerintah berupaya menggesa capaian Universal Coverage Health (UHC) agar menjadi kado bagi masyarakat pada momen HUT Pekanbaru ke-239.

"Kita ingin UHC bisa dicanangkan pada saat hari puncak HUT Pekanbaru. Mulai berlaku pada 1 Juli 2023," kata Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution, Senin (5/6/2023). 

Ia menuturkan, pemerintah kota berupaya agar pada pertengahan tahun ini 95 persen warga Pekanbaru bisa mendapat jaminan kesehatan. Sementara saat ini ada 68 ribu lebih warga Pekanbaru yang belum terdaftar di BPJS Kesehatan.

Mereka harus mendapat jaminan kesehatan agar Kota Pekanbaru bisa mencapai UHC atau capaian semesta kesehatan. Apalagi target Pemerintah Kota Pekanbaru UHC bisa tercapai pada pertengahan tahun ini.  

"Kita sedang berupaya untuk memenuhi kuota 95 persen masyarakat kota sudah masuk keanggotaan BPJS Kesehatan," terangnya. 

Pemerintah kota menganggarkan anggaran untuk mendukung UHC pada APBD perubahan tahun 2023. Besaran anggaran untuk mendukung UHC ini mencapai Rp 7,5 miliar.

Upaya ini melibatkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru. "Baik dari data padanan capil, yang dikelola disdukcapil. Saat ini sedang proses pendataan di ditjen capil," jelasnya.

Kemudian proses verifikasi dan validasi DTKS oleh Dinas Sosial Kota Pekanbaru. Proses serupa juga dilakukan oleh tim Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru terhadap data PBPU Pemda.

"Masing-masing OPD bergerak, memastikan data yang akan diusulkan untuk pemenuhan peserta UHC valid," pungkasnya.***

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index