Pemko Kerjasama dengan Swasta Olah Sampah di TPA jadi Batako

Pemko Kerjasama dengan Swasta Olah Sampah di TPA jadi Batako
Pj Walikota Pekanbaru Muflihun melihat paparan ekspos pihak swasta terkait pengolahan sampah jadi batako

PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) menjalin kerjasama pengolahan sampah dengan swasta. 

Pihak swasta dari PT Tenang Jaya Sejahtera (TJS) bakal melakukan pengolahan sampah pada Tempat Pembuangan Akhir atau TPA 1 dan 2 Muara Fajar, di Kecamatan Rumbai. 

Pihak perusahaan segera meninjau persiapan pengolahan sampah di TPA. Sampah rencananya bakal diolah menjadi salah satu bahan bangunan yang bisa dipasarkan. 

"Kami sedang merintis kerja sama dalam pengolahan sampah di TPA 1 dan 2 Muara Fajar. Kami sudah menjalin kerja sama dengan PT Tenang Jaya Sejahtera (TJS)," kata Kepala DLHK Pekanbaru Hendra Afriadi, Kamis (1/6). 

Ia menuturkan, perusahan ini telah beroperasi di Kabupaten Kampar. Perusahaan ini memiliki pabrik pengumpulan dan pengolahan sampah untuk bahan baku batako dan bata. 

"Kami telah menjajaki kerja sama itu. Hari ini, kami bersama PT TJS bersama-sama turun ke TPA 1 guna melihat potensi sampah yang dapat diolah," tentang Hendra. 

Ia menambahkan, pengolahan sampah ini merupakan salah satu upaya Pemko Pekanbaru untuk persiapan terhadap Adipura tahun 2023. Memang pada tahun-tahun sebelumnya, banyak calon investor pengolahan sampah.

"Kami hanya menunggu. Ini perusahaan yang sudah pasti, dari Kampar," pungkasnya.***

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index