Disdik Pekanbaru Larang Perpisahan Diluar Sekolah

Disdik Pekanbaru Larang Perpisahan Diluar Sekolah
Kepala Dinas Pendidikan Pekanbaru, Abdul Jamal

PEKANBARU - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru, meminta pihak sekolah negeri untuk tidak membuat acara perpisahan siswa diluar lingkungan sekolah atau di hotel. Pihak sekolah bisa menggelar acara perpisahan siswa secara sederhana di lingkungan sekolah. 

Kepala Disdik Kota Pekanbaru Abdul Jamal mengatakan, pihaknya telah memberikan imbauan ini kepada pihak sekolah agar bisa mengikutinya. Saat ini sedang marak sekolah melaksanakan kegiatan perpisahan melepas siswa tingkat akhir.

Ia menilai, ada anggapan acara perpisahan di luar sekolah akan memberatkan orang tua peserta didik. Karena biaya yang dibutuhkan untuk merayakan perpisahan di luar sekolah tentu akan cukup besar. 

"Kalau perpisahan sendiri merupakan hal yang sudah biasa, ini merupakan kegiatan sekolah. Kami mengimbau perpisahan dibuat secara sederhana dan di sekolah. Karena jika dibuat di luar sekolah atau di hotel akan memberatkan orang tua siswa," kata Abdul Jamal, Senin (29/5). 

Jamal menegaskan, bahwa untuk pelaksanaan perpisahan siswa ini harus ada undangan dan persetujuan dari orang tua. Apapun nanti kegiatannya mesti dibicarakan dan disepakati bersama termasuk biaya yang akan diperlukan dalam kegiatan tersebut.

Pihak sekolah bisa lebih dulu mengundang orang tua untuk mendiskusikan kegiatan perpisahan tersebut. Jika disepakati, bisa menggelar perayaan perpisahan secara sederhana di sekolah. 

"Acara perpisahan itu tidak diwajibkan, jika perlu tidak dirayakan ya tidak ada masalah. Intinya semua orang tua siswa harus diajak rapat. Jangan hanya perwakilan saja untuk menghasilkan kesepakatan kegiatan itu," terangnya. 

Ia menambahkan, jika kegiatan perpisahan sekolah yang digelar diluar lingkungan sekolah dan memberatkan, maka orang tua bisa melaporkan ke pihak dinas. Pihaknya akan menindaklanjuti pengaduan tersebut dan memanggil kepala sekolah.***

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index