Penggunaan Alat Bayar Parkir Non Tunai Terus Dimaksimalkan

Penggunaan Alat Bayar Parkir Non Tunai Terus Dimaksimalkan
Kepala UPT Perparkiran Dishub Pekanbaru Radinal Munandar S.STP, memberikan pengarahan ke jukir terkait penggunaan mesin EDC

PEKANBARU - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru, melalui UPT Perparkiran terus mengoptimalkan pelayanan parkir tepi jalan umum. Saat ini pihaknya bersama pihak ketiga gencar mensosialisasikan penggunaan mesin Electronic Data Capture (EDC) sebagai alat bayar non tunai.

Kepala Dishub Pekanbaru Yuliarso, melalui Kepala UPT Perparkiran Radinal Munandar mengatakan, penggunaan alat EDC dalam upaya mendukung Kota Pekanbaru menuju kota digitalisasi. Saat ini sudah tersebar ratusan mesin EDC yang tersebar di sejumlah ruas jalan.

"Kami bersama dengan pihak ketiga sudah berkomitmen untuk meletakkan mesin EDC di tempat yang sudah ditetapkan. Mesin kan di upgrade juga ni, jadi bisa pembayaran dengan berbagai bank. Di tahun 2023 ini kita fokus pelayanan," kata Radinal, Selasa (23/5/2023). 

Mesin EDC ini menjadi alternatif alat bayar non tunai. Ada ratusan mesin EDC yang telah tersebar di beberapa ruas jalan utama. Masyarakat bisa menggunakan EDC lewat QRIS ataupun menggunakan ATM. 

Dengan menggunakan EDC, dapat mengetahui pendapatan dan jumlah kendaraan yang parkir dalam satu hari. 

"Kami mengimbau masyarakat untuk bisa memanfaatkan EDC ini sebagai alat bayar non tunai. Ratusan jukir sudah dibekali dengan mesin EDC," ungkapnya. 

Dirinya tidak menampik, saat ini pelayanan parkir tepi jalan umum belum sempurna. Masih ada oknum jukir yang memberikan layanan tidak sesuai SOP. Oknum jukir ini juga mendapat tindakan dari Dishub untuk berikan pelayanan lebih baik.

"Banyak juga jukir yang memberikan pelayanan baik, contohnya bagaimana dia memberikan pelayanan, ada juga beberapa jukir yang viral karena menangkap jambret. Tapi kita tidak pungkiri juga ada beberapa oknum yang belum maksimal dalam pelayanan," ungkapnya.

Ditambahkan Radinal, pihaknya saat ini juga rutin melakukan pengawasan di beberapa titik lokasi sekolah. Ada laporan lalulintas macet di sekitar lokasi sekolah karena banyak mobil parkir sembarangan saat penjemputan.***

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index