Sukses Jalankan Program, Muflihun Kembali jadi Pj Walikota Pekanbaru

Sukses Jalankan Program, Muflihun Kembali jadi Pj Walikota Pekanbaru
: Pj Walikota Pekanbaru Muflihun, menyalami Gubernur Riau Syamsuar usai menerima SK Mendagri

PEKANBARU - Gubernur Riau, Syamsuar menyerahkan surat keputusan (SK) perpanjangan masa jabatan Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru kepada Muflihun. Penyerahan SK berlangsung di Balai Serindit, Gedung Daerah Riau, Selasa (23/5). 

Muflihun menerima surat keputusan dari Menteri Dalam Negeri RI dalam rangkaian penyerahan surat keputusan perpanjangan masa jabatan Pj Walikota Pekanbaru. Muflihun melanjutkan jabatan sebagai Pj Walikota Pekanbaru hingga 23 Mei 2024 mendatang. 

"Hari ini kita penyerahan perpanjangan SK Pj walikota untuk periode 2023-2024, saya apresiasi untuk seluruh masyarakat Pekanbaru. Selain itu juga kita sampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada Presiden dan juga Menteri Dalam Negeri (Mendagri) atas kepercayaannya menunjuk dirinya kembali sebagai Pj Walikota Pekanbaru 2023-2024," kata Muflihun. 

Ia menuturkan, ada beberapa Pekerjaan Rumah (PR) yang kembali diberikan oleh Gubernur untuk dirinya dalam menjabat sebagai Pj Walikota Pekanbaru setahun kedepan 

"Sebenarnya ini sudah kita laksanakan ya, hanya mungkin melanjutkan. Yakni bagaimana kita bisa menjalankan amanah program dari pemerintah pusat yang perlu cepat kita tanggapi, yang pertama adalah Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), stunting, inflasi dan juga kemiskinan Ekstrem," terangnya. 

Dirinya sudah berpesan kepada seluruh stakeholder elemen masyarakat terutama OPD agar bisa kerja keras untuk bagaimana mengejar target tentunya pencapaian kinerja untuk mendukung pemerintah pusat.

Muflihun mengaku pengelolaan sampah juga menjadi PR dari Gubernur Riau. Ia menyebut  pada tahun ini Pekanbaru sudah mendapat sertifikat Adipura.

Sedangkan infrastruktur jalan satu persatu bakal dituntaskan dengan tambal sulam maupun overlay. Penanganan banjir juga sudah dimulai secara bertahap.

"Semua arahan Pak Gubernur kita laksanakan, ini amanah tentunya, hari ini saya pasti tegak lurus akan jalankan amanah pemerintah pusat," ungkapnya. 

Selama satu tahun menjabat sebagai Pj Walikota, Muflihun sukses menjalankan sejumlah program prioritas. 

Pemko Pekanbaru tetap menjalankan program prioritas walau masih ada puluhan miliar rupiah tunda bayar. Hal ini karena Muflihun sudah berjanji ke masyarakat terkait program prioritas ini.

Adapun program prioritas yang menjadi fokus Muflihun selama menjabat sebagai Pj Walikota Pekanbaru antara lain santunan kematian, beasiswa bagi mahasiswa berprestasi dan keluarga tidak mampu, subsidi bunga bagi pelaku UMKM, Kunjungan Rumah Masyarakat Hidup Sehat (Kurma Manis) maupun bantuan makanan bagi warga tidak mampu, anak terlantar, dan penyandang disabilitas. 

Layanan Kurma Manis/Dokter On Call

Salah satu program prioritas Pj Walikota Pekanbaru Muflihun yaitu Kunjungan Rumah Masyarakat Hidup Sehat (Kurma Manis). Layanan ini sudah dioperasikan sejak tanggal 30 Januari lalu.

Peresmian program ini berlangsung di Puskesmas Sapta Taruna, Jalan Sapta Taruna.

Program ini bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mendapatkan akses pelayanan kesehatan di Kota Pekanbaru.

Beasiswa untuk Mahasiswa Tak Mampu dan Berprestasi

Seperti diketahui, di tahun 2023 ini Pemko Pekanbaru mengalokasikan bantuan beasiswa sebesar Rp2 miliar bagi mahasiswa dari keluarga kurang mampu dan mahasiswa berprestasi.

Pendaftaran diajukan secara online melalui website yang sudah disiapkan yaitu https://beasiswa.pekanbaru.go.id/

Program Subsidi Bunga Pinjaman bagi UMKM
 

Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru telah meresmikan program subsidi bunga pinjaman bank di Sukaramai Trade Center (STC), pasa Kamis (26/1/2023) lalu. Subsidi bunga pinjaman hanya diberikan kepasa 1.111 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Bank Pekanbaru (PT BPR Pekanbaru Madani).

Bantuan Makanan untuk Orang Terlantar

Tahun ini Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Dinas Sosial menganggarkan bantuan makan dan minum bagi warga tidak mampu, penyandang disabilitas dan anak terlantar.

Penanganan Banjir
 

Berdasarkan masterplan penanganan banjir Kota Pekanbaru tahun 2020 terdapat 121 titik banjir yang disebabkan oleh 363 titik masalah. Pada periode Januari sampai April 2023 telah dilakukan 85 titik penanganan masalah. 

Dalam penanganan banjir di Kota bertuah, Pemerintah Kota Pekanbaru telah melakukan beberapa inovasi percepatan penanganan banjir.

Yang pertama adalah mengurangi titik masalah yang berulang dengan cara penambahan armada alat berat dan grup pasukan kuning. Kedua penyesuaian anggaran perencanaan dan pembangunan dalam memetakan sistem drainase perkotaan dan lingkungan berdasarkan Master Plan Banjir.

Ketiga prioritas anggaran OP dan Normalisasi. Keempat penambahan armada alat berat seperti Excavator Amphibi 1 Unit Rp. 5.3 M dan yang kedua Excavator Mini 2 Unit Rp. 1.5 Miliar.

Penanganan Jalan Rusak dan Berlubang

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru telah memperbaiki 684 titik jalan rusak di wilayah setempat.

Plt Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru Edward Riansyah mengatakan jumlah tersebut adalah sepanjang bulan Januari hingga bulan April 2023.

"Alhamdulillah dari Januari hingga April, kita sudah memperbaiki 684 titik jalan rusak yang ada di Kota Pekanbaru," ujar Edward Riansyah.

Honor RT/RT Dinaikkan dan Dibayar 12 Bulan

Penjabat (Pj) Wali Kota (Wako) Pekanbaru Muflihun SSTP MAP tetap menjadikan prioritas support terhadap sektor pemberdayaan masyarakat. 

Tahun 2023 ini, honor bagi perangkat masyarakat yang mendukung kerja pemerintah yakni RT, RW dan LPM dinaikkan Rp100 ribu dari tahun 2022 lalu. Ini dengan janji pembayaran 12 bulan penuh. (Advertorial) 

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index