Harga Bahan Pokok di Pekanbaru Masih Cenderung Stabil

Harga Bahan Pokok di Pekanbaru Masih Cenderung Stabil
Aktivitas jual beli masyarakat di pasar tradisional

PEKANBARU - Harga sejumlah bahan pokok di Kota Pekanbaru saat ini cenderung stabil. Namun, ada beberapa komoditi yang mulai alami kenaikan, seperti daging ayam dan telur ayam.

Asisten II Setdako Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut mengatakan, harga bahan pokok masih stabil, untuk itu Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru belum berencana menggelar operasi pasar atau pasar murah, seperti yang sebelumnya dilaksanakan pemerintah kota dibeberapa lokasi.

"Pada umumnya masih stabil. Tapi, ada beberapa yang sudah menunjukkan kecendrungan naik, seperti harga daging ayam, telur ayam ras. Itu yang kita monitor dalam minggu ini yang mengalami kenaikan. Ini harus kita cermati juga," kata Ingot Ahmad Hutasuhut, Selasa (23/5). 

Menurutnya, jika nantinya harga bahan pokok di pasaran mengalami kenaikan, tidak tertutup kemungkinan pemerintah akan menggelar operasi pasar kembali. Pemerintah kota akan bekerjasama dengan pihak badan urusan logistik (Bulog) untuk operasi pasar. 

"Pasar murah itu sifatnya insidentil. Artinya ketika harga di pasar masih normal, kita tidak melaksanakan pasar murah, karena pasar murah itu sebenarnya menganggu pihak pedagang pengecer. Tapi ketika nanti harga naik, tentu nanti salah satu langkah yang kita lakukan adalah mengadakan operasi pasar," terang Ingot. 

Namun, selain operasi pasar ada juga alternatif lain, seperti intervensi biaya transportasi, supaya nanti harganya bisa kendalikan. Tetapi dikatakan Ingot itu hanya bersifat situasional. 

Sebelum terjadi kenaikan harga, Pemko Pekanbaru akan melakukan antisipasi, seperti berkoordinasi dengan distributor dan daerah penghasil.

"Hari ini kita ingin membangun proyeksi dulu. Karena sampai saat ini masih normal dan cenderung inflasi kita bagus," pungkasnya.***

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index