Kontrak dengan Pemko, Pengelola Baru Bakal Renovasi Pasar Bawah

Kontrak dengan Pemko, Pengelola Baru Bakal Renovasi Pasar Bawah
Pasar Wisata Pasar Bawah | net

PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, sudah menandatangani kontrak kerjasama dengan pemenang tender pengelola Pasar Wisata Pasar Bawah, PT Ali Akbar Sejahtera (AAS). Saat ini, Pemko Pekanbaru tengah fokus persiapan teknis pelaksanaan yang tertuang dalam kontrak tersebut.

Asisten II Setdako Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut mengatakan, Pemko Pekanbaru telah menandatangani kontrak kerjasama dengan PT AAS selaku pengelola Pasar Bawah yang baru. Kontrak ini berlangsung selama 30 tahun kedepan dengan sistem kerjasama pemanfaatan (KSP).

"Kita sudah tandatangani kontrak, dan kita mau persiapkan teknis pelaksanaan poin-poin yang ada di kontrak itu. Yang jelas kita sekarang sedang fokus mempersiapkan langka-langkah berikutnya," kata Ingot, Selasa (16/5).

Pengelola juga berencana melakukan pembenahan dan renovasi pasar. Ada penataan ulang yang dilakukan oleh pengelola baru. 

Ingot mengaku, tahapan-tahapan itu perlu sosialisasi kepada pedagang terlebih lagi terkait renovasi Pasar Wisata Pasar Bawah. Pasalnya, untuk renovasi ini akan ditanggung sepenuhnya oleh pengelola.

"Karena kan harus ada sosialisasi terkait dengan tahapan-tahapan yang kita lakukan terhadap renovasi Pasar Bawah. Kan mereka kan investasi, mungkin direnovasi. Kalau direnovasi, tentu pedagang harus kita siapkan tempat penampungan sementara," terang Ingot. 

Untuk itu, pihaknya akan menyusun baik persiapannya. Pihaknya juga akan melakukan komunikasi dengan pihak-pihak terkait.

Ia menyebut, saat ini pedagang di Pasar Bawah banyak yang tidak aktif lagi. Bahkan lantai tiga Pasar Bawah sudah dikosongkan pedagang.

"Kalau jumlah pedagang saya kurang tahu, karena sekarang banyak yang tidak aktif. Dan lantai tiga pun kosong, mungkin sekitar 300 an pedagang lah, dan kita prioritaskan pedagang yang eksisting, yang betul-betul berdagang disitu," pungkasnya.***

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index