Pemko Berencana Bangun Kembali Gedung Mal Pelayanan Publik Pekanbaru Pakai BTT

Pemko Berencana Bangun Kembali Gedung Mal Pelayanan Publik Pekanbaru Pakai BTT
Kondisi MPP Pekanbaru pasca kebakaran

PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru berencana kembali bangun gedung Mal Pelayanan Publik (MPP) yang terbakar, Ahad (5/3) kemarin. Rencananya pembangunan bakal dilakukan menggunakan anggaran Belanja Tak Terduga (BTT). 

Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution mengatakan, untuk tahap awal pemerintah kota masih melakukan kajian untuk pola pembangunan dan desain bangunan yang akan dibangun kembali. 

"Kita desain dulu lah landscape nya. Kita lakukan kajian yang baik, baru kita akan bangun kembali," kata Indra Pomi Nasution, Senin (6/3). 

Menurutnya, pemerintah kota segera melakukan rapat dengan OPD dan pihak terkait untuk rencana pembangunan. Mereka juga melakukan kajian untuk lokasi dan memulai pembangunan. 

Mereka terlebih dahulu juga melakukan pendataan jumlah aset yang rusak dan terbakar. Namun, untuk saat ini pemerintah kota terlebih dahulu fokus untuk memulihkan layanan yang lumpuh akibat peristiwa kebakaran ini. 

"Jadi, terapi cepatnya bagaimana pelayanan ini bisa buka lagi. Tentu yang kita perbaiki adalah memeriksa sistem yang ada, khusus untuk layanan perizinan ini konter-konternya kan hangus," jelasnya. 

Ia menambahkan, untuk pembangunan gedung MPP yang terbakar dia juga akan menghitung anggaran. Ia juga mempertimbangkan kemampuan keuangan daerah. Anggaran BTT ini, kata Indra Pomi lebih dulu digunakan untuk memulihkan layanan yang lumpuh. 

"Kan BTT itu ada sekian, kita gunakan sebagian untuk pembangunan kios Pasar Cik Puan, sebagian lagi untuk MPP ini," ungkapnya. 

Sementara untuk BTT tahun 2023 ini Rp19 Miliar. Pemko sebelumnya juga berencana gunakan BTT untuk pembangunan kios Pasar Cik Puan pasca kebakaran. Dalam kebakaran Pasar Cik Puan, ada 400 kios dan lapak yang hangus terbakar.***

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index