PUPR Anggarkan Pembangunan Tugu Roda Terbang Rp13 Miliar Tahun Ini

PUPR Anggarkan Pembangunan Tugu Roda Terbang Rp13 Miliar Tahun Ini
Ilustrasi Tugu Roda Terbang

PEKANBARU - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru menganggarkan pembangunan Tugu Roda Terbang tahun ini. Tugu ini bakal dibangun di Komplek Perkantoran Tenayan Raya.

Dalam kegiatan pembangunan Tugu Roda Terbang tersebut, PUPR Kota Pekanbaru menganggarkan sebesar Rp13 miliar. Jumlah itu sesuai dengan Detail Engineering Design (DED).

Sekretaris Dinas PUPR Kota Pekanbaru, Edwariansyah mengatakan, pembangunan ini tergantung pada keuangan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru. Rencana pembangunan roda terbang ini sudah tahun anggaran ketiga.

"Ini kan sudah di tiga tahun anggaran yang kita sudah anggarkan, tapi ini tergantung keuangannya nanti. Kan nanti ada pergeseran, bagaimana sikap terhadap rencana pembangunan roda terbang ini," kata Edu sapaan akrabnya, Kamis (13/1/2022).

Menurutnya, dalam DPA (Dokumen Pelaksana Anggaran) sudah ada. Hanya saja, pelaksanaannya nanti tidak tahu apakah bisa berjalan atau tidak.

"Sama halnya dengan dua tahun terakhir, kita sudah anggarkan tapi tidak berjalan juga. Tergantung dengan kondisi keuangan," jelasnya. 

Dirinya menilai, kalau kondisi keuangan Pemko Pekanbaru baik, mungkin pekerjaan bisa dilaksanakan. Tapi kalau tidak baik bisa jadi tidak dilaksanakan seperti tahun sebelumnya.

Edu juga memastikan bahwa anggaran yang disiapkan untuk pembangunan Tugu Roda Terbang tersebut masih sama dengan sebelumnya.

Diberitakan sebelumnya, pembangunan Tugu Roda Terbang di Komplek Perkantoran Tenayan Raya oleh Pemko Pekanbaru menuai sorotan dari sejumlah kalangan. 

Hal ini disebabkan ditengah kondisi krisis kesehatan dan krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19 mewabah, anggaran daerah dinilai lebih bermanfaat jika diperuntukkan untuk penanganan Covid-19. 

Walikota Pekanbaru Firdaus mengatakan, bahwa rencana pembangunan Tugu Roda Terbang ini sudah sejak dahulu. Terkait sorotan dari sejumlah kalangan, dinilai Firdaus ini merupakan hal yang biasa. 

"Mungkin informasi dan pemahaman barangkali yang belum sama. Ini saya kira yang perlu diluruskan," terangnya, Selasa (27/7/2021) lalu. 

Menurutnya, pembangunan tugu dilakukan untuk memberikan semangat dalam simbol pembangunan di Kota Pekanbaru. Rancangan tugu ini diambil dari lambang Kota Pekanbaru.

Pembangunan tugu ini sebagai bentuk semangat pembangunan. Juga merupakan rangkaian penataan di areal komplek Perkantoran Pemerintah Kota Pekanbaru, Tenayan Raya.

"Ini (tugu) adalah landmark bagi pembangunan di kawasan Tenayan Raya. Dan itu juga simbol dalam lambang kota Pekanbaru. Itu semua punya filosofi," pungkasnya.***

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index