PPDB SD Dimulai, Daya Tampung Hanya 13.000 Peserta Didik

PPDB SD Dimulai, Daya Tampung Hanya 13.000 Peserta Didik
Ilustrasi

PEKANBARU - Rangkaian Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2022 tingkat Sekolah Dasar (SD) negeri resmi dimulai, Senin (20/6/2022). Para orangtua calon peserta didik sudah bisa mendatangi SD negeri yang mereka tuju. 

PPDB SD negeri rencananya bakal berlangsung hingga 25 Juni 2022. Sistem PPDB kali ini masih sistem zonasi sehingga calon peserta didik yang berada paling dekat dengan sekolah punya kesempatan untuk diterima. 

Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru mendata, total ada 177 SD negeri di Kota Pekanbaru membuka PPDB tahun ini. Sedangkan kuota untuk SD negeri mencapai 13.000 orang peserta didik.

Para calon peserta didik pun mesti menyiapkan sejumlah dokumen sebelum mendaftarkan anaknya ke SD negeri terdekat.

Orangtua calon peserta didik harus datang langsung ke sekolah untuk mendaftar. Mereka ke sekolah karena pihak sekolah bakal memeriksa langsung dokumen calon peserta didik yang mendaftar.

"Kita sudah ingatkan kepala sekolah agar antrean diatur, jangan sampai ada kerumunan. Kita serahkan teknis pendaftaran ke pihak sekolah," terang Sekretaris Disdik Kota Pekanbaru, Muzailis. 

Dirinya mengingatkan agar para pendaftar tidak menumpuk di sekolah. Panitia PPDB bisa membagi pendaftaran menjadi beberapa sesi agar tidak berkerumun di satu waktu.

Setiap pendaftar nantinya bisa memiliki nomor antrean. Mereka pun melakukan pendaftaran secara bergantian di sekolah yang ada.

"Mungkin bisa dibagi setiap satu jam atau setiap dua jam, jadi tidak menumpuk pendaftar di satu waktu," ulasnya. 

Menurutnya, sejumlah sekolah juga sudah melakukan persiapan. Apalagi proses pendaftaran dalam PPDB kali ini secara semi online.

"Di sekolah sudah melakukan persiapan sudah matang, sebab PPDB kali ini tidak jadi PPDB secara online," jelasnya.

Muzailis menyebut, bahwa pihak sekolah sudah mempersiapkan panitia PPDB di sekolah masing-masing. Mereka juga mempersiapkan formulir pendaftaran serta pengumuman PPDB.

Ia mengaku sudah menerima laporan bahwa sebagian besar SD negeri sudah membuat panitia PPDB. Mereka juga menyediakan ruang untuk pendaftaran.***

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index