PPDB SMP Sistem Online, Daya Tampung Hanya 60 Persen

PPDB SMP Sistem Online, Daya Tampung Hanya 60 Persen
Ilustrasi

PEKANBARU - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP Negeri di Pekanbaru bakal dibuka akhir Juni ini. Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru menerapkan sistem online pada PPDB tingkat SMP. 

Sekretaris Disdik Kota Pekanbaru Muzailis mengatakan, PPDB tingkat SMP direncanakan mulai dibuka pada 27 Juni 2022. Orangtua peserta didik bisa melakukan pendaftaran secara online.

Dalam rangka PPDB tahun ini, pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada masing-masing kepala sekolah. 

"Kita sudah sosialisasikan sekaligus menyampaikan dengan kepala sekolah untuk melakukan persiapan sesuai dengan aturan yang sudah ditentukan," kata Muzailis, Kamis (16/6/2022).

Dalam proses PPDB, Ia menekankan agar sekolah melakukan sesuai dengan petunjuk dan teknis (Juknis) yang ditetapkan Disdik Pekanbaru.

"Kita sampaikan, kita tekankan kepada kepala sekolah, harus mengikuti juknis ataupun peraturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah terkait alurnya," ulasnya. 

Menurutnya, pada prinsipnya sekolah sudah siap dan dinas juga sudah siap untuk melakukan PPDB tahun ini.

Sementara terkait daya tampung SMP Negeri, pihaknya mengaku ada sekitar 8 ribuan siswa. Namun, jumlah itu tidak bisa menampung semua siswa SD yang lulus tahun ini.

Dikatakannya, siswa kelas IV SD yang lulus tahun ini sekitar 14 ribu siswa. Sementara daya tampung SMP Negeri hanya 8 ribuan.

"Siswa yang tamat SD sekitar 14 ribu siswa termasuk swasta, sehingga yang tertampung di SMP Negeri hanya sekitar 60 persen," sebutnya.

Sementara sekitar 40 persen yang tak tertampung di SMP Negeri, lanjut Muzailis, kemungkinan akan masuk di sekolah swasta.

"Untuk sekolah Negeri mungkin kita lakukan seleksi sesuai dengan persyaratan. Karena kekurangan daya tampung ini kita adakan seleksi," pungkasnya.***

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index