Alami Kendala, PPDB SD Negeri di Pekanbaru Beralih ke Semi Online

Alami Kendala, PPDB SD Negeri di Pekanbaru Beralih ke Semi Online
Sekretaris Dinas Pendidikan Pekanbaru, Muzailis

PEKANBARU - Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru berencana terapkan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk Sekolah Dasar (SD) Negeri secara online tahun ini. PPDB SD Negeri di Pekanbaru bakal dibuka mulai pekan depan, Senin (20/6/2022). 

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Muzailis mengatakan, bahwa untuk PPDB SD tahun ini yang semula rencananya online full beralih ke sistem semi online. Hal ini akibat vendor yang dikerjasamakan tidak siap dalam waktu yang ditetapkan.

"Awalnya, untuk SD kan rencananya dengan sistem online, tapi karena ada sesuatu hal yang belum memungkinkan untuk online. Karena ada persiapan-persiapan dari pihak vendor tidak selesai dalam waktu yang ditentukan," kata Muzailis, Rabu (15/6/2022).

Pihaknya pun tidak memaksakan PPDB online ini diterapkan pada SD. Ia juga mengkhawatrikan hasilnya tidak baik jika dipaksakan secara online.

"Kita juga tidak ingin memaksakan, kalau dipaksakan nanti hasilnya juga tidak akan baik, jadi kita lakukan untuk SD ini semi online," terangnya. 

Semi online ini kata Muzailis, pendaftaran dimungkinkan menggunakan Google Drive di sekolah masing-masing. Pihaknya dari dinas juga akan memantau pelaksanaan PPDB semi online ini. 

"Nanti ini bisa kita pantau dari dinas, kita menggunakan akun yang sudah ada di masing-masing sekolah, sehingga dinas bisa memantau pelaksanaan PPDB di masing-masing sekolah. Baik Dari perangkingannya, maupun pada penyesuaian daya tampung yang ada," jelasnya. 

Ia menambahkan, untuk daya tampung SD Negeri di Pekanbaru sekitar 13 ribu lebih. Dari daya tampung tersebut, tidak semua sekolah terpenuhi kuotanya.

"Terutama di SD pinggiran, karena ada SD di pinggiran mungkin penduduk sedikit dan usia anak sekolah tidak memenuhi kuota yang ada," pungkasnya.***

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index