Gelar Pembekalan Terhadap 156 JCH, Bupati Rohil Pastikan Akomodir Pelayanan yang Dibutuhkan

Gelar Pembekalan Terhadap 156 JCH, Bupati Rohil Pastikan Akomodir Pelayanan yang Dibutuhkan
Bupati Rohil Afrizal Sintong foto bersama para JCH asal Kabupaten Rohil

ROHIL - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) memberikan pembekalan terhadap Jemaah Calon Haji (JCH) asal Rohil. Total 156 JCH asal Rohil akan diberangkatkan pertengahan Juni 2022 mendatang.

Menariknya, ada JCH usia tertua 65 tahun dan termuda 19 tahun. JCH berusia 65 tahun adalah warga Kecamatan Bagan Sinembah, Paidi Selamat Paiman. Sedangkan JCH berusia 19 tahun adalah Miftah Yulandari berasal dari kecamatan Bangko.

Sebagai bentuk persiapan keberangkatan JCH, Pemkab Rohil memberikan pembekalan. Salah satunya adalah manasik haji yang digelar di Gedung Misran Rais Bagansiapiapi, Kamis (26/5/2022).

Paidi Selamat Paiman mengaku manasik haji yang diberikan sangat berarti bagi dirinya dan JCH lainnya. Dia mengucapkan syukur dan berterima kasih atas perhatian dan layanan yang diberikan pemerintah selama dirinya mengikuti manasik haji. 

"Terimakasih atas perhatian Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir. Manasik haji ini sangat penting bagi kami untuk kelancaran ibadah haji kami nanti selama di tanah suci.

156 JCH asal Rohil mengikuti manasik haji dengan khusuk hingga sampai penutupan. Manasik haji kali ini mengusung tema "Wujudkan Haji yang Mandiri dan Berkualitas Sesuai Syariat Menuju Haji Mabrur".

Tercatat JCH kabupaten Rokan Hilir sebanyak 156 orang yang terdiri dari 73 orang lelaki, dan 83 orang perempuan. Sedangkan jumlah JCH yang termasuk dalam cadangan adalah sebanyak 26 orang.  

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rokan Hilir, Naini SAg menyebutkan, di pertengahan Juni 2022, seluruh JCH akan diberangkatkan ke tanah suci melalui Embarkasi Haji Antara, Pekanbaru. Sebelum berangkat, seluruh JCH akan menginap di hotel dan asrama haji.

"Selama mengikuti manasik haji, kita sudah membekali seluruh calon jemaah berupa buku tuntunan, video tutorial serta tenaga tutor. Harapan kita, apa yang telah diajarkan didalam materi tersebut, bisa menjadi tuntunan dalam menjalankan ibadah ditanah suci nanti," ungkap Naini.

Sementara itu, Bupati Rokan Hilir, Afrizal Sintong dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada para jamaah calon haji yang tahun ini akan berangkat. " Bapak dan ibu adalah manusia terpilih oleh Allah SWT. Saya juga telah mendaftar sejak tahun 2011 dan masuk dalam daftar cadangan, sampai saat belum ada rezeki untuk berkunjung ke Baitullah," kata Afrizal

Beliau juga menyampaikan bahwa pemerintah akan senantiasa mengakomodir pelayanan yang dibutuhkan seluruh JCH terutama menyangkut akomodasi, transportasi serta penginapan. Dia menyarankan agar seluruh jamaah yang berasal dari berbagai daerah di Kabupaten Rokan Hilir berkumpul dan mulai titik keberangkatannya di Ujung Tanjung. 

"Nanti kita siapkan pengawalan dari Ujung Tanjung menuju Pekanbaru. Kita berharap, awal dari perjalanan para seluruh Calon Jemaah Haji dari Rokan Hilir menuju Pekanbaru bisa berjalan lancar mengingat sudah tiga tahun pemerintah tidak memberangkatkan JCH karena pandemi Covid-19," kata Afrizal

Penutupan Manasik Haji dihadiri ketua DPRD Rokan Hilir, Maston, Sekda Rohil Ferry Parya dan staf Diskominfotik Rokan Hilir.***

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index