7 Orang Terkaya di Indonesia Berkat Bisnis Batu Bara

7 Orang Terkaya di Indonesia Berkat Bisnis Batu Bara

Riaukini.com - Beberapa orang terkaya di Indonesia diketahui berasal dari para pengusaha batubara. Bisnis pertambangan batubara memang dikenal sebagai salah satu yang menjanjikan.

Sektor batubara atau yang dikenal dengan emas hitam ini mendatangkan keuntungan melimpah. Permintaan tinggi dari berbagai negara biasanya mendorong kenaikan harga batubara.

Alhasil, Indonesia merupakan negara pengekspor batubara terbesar dunia setelah Australia. Tidak heran, jika pengusaha batabara sering masuk daftar orang terkaya di Indonesia.

Lantas, siapa saja orang terkaya di Indonesia yang juga merupakan pengusaha batubara? Berikut pengusaha batubara yang masuk dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia yang dirilis Forbes.

7 Pengusaha Batubara Terkaya di Indonesia 2022

1. Theodore Rachmat

Theodore Permadi Rachmat adalah salah satu pengusaha nasional yang terbilang sangat senior di industri tambang batubara. Pengusaha berusia 78 tahun ini, berada di urutan ke-15 orang terkaya di Indonesia versi Forbes.

Dia diketahui memiliki jumlah kekayaan bersih sebesar USD3,1 miliar atau sekitar Rp44,41 triliun (kurs Rp 14.326).

2. Garibaldi Thohir

Garibaldi Thohir merupakan kakak dari Menteri BUMN Erick Thohir. Darah bisnis sudah mengalir dalam diri Garibaldi dari ayahnya Muhammad Teddy Thohir, salah satu pendiri Astra.

Pria yang akrab disapa Boy Thohir ini masuk sebagai orang terkaya di Indonesia di urutan ke-17 versi Majalah Forbes. Total kekayaannya tercatat sebesar USD2,6 miliar atau sekitar Rp37,24 triliun.

3. Low Tuck Kwong

Pengusaha batubara terkaya di Indonesia selanjutnya adalah Low Tuck Kwong. Dia adalah pemilik dari Bayan Resources yang masuk sebagai salah satu perusahaan tambang batubara terbesar di Indonesia.

Penguasaan konsesi lahan raksasa tambang ini banyak tersebar di wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur. Tambang batubara terbesarnya berlokasi di konsensi Tabang yang menyumbang 80 persen produksi.

Majalah Forbes menempatkan pria berusia 73 tahun ini di urutan ke-18 orang terkaya di Indonesia. Low Tuck Kwong diketahui memiliki kekayaan sebesar USD2,5 miliar atau sekitar Rp35,81 triliun.

4. Peter Sondakh

Peter Sondakh adalah pengusaha batubara yang menempati urutan ke-20 orang terkaya Indonesia. Dengan jumlah kekayaan bersih sebesar USD2 miliar atau Rp28,65 triliun, pundi-pundi kekayaannya ini berasal dari Rajawali Corpora.

Rajawali Corpora adalah induk perusahaan investasi terkemuka yang didirikan pada tahun 1984 dan berbasis di Jakarta.

5. Kiki Barki

Kiki Barki adalah pengusaha batu bara yang masuk daftar orang terkaya di Indonesia urutan ke-27. Total kekayaannya tercatat sebesar USD1,6 miliar atau sekitar Rp22,92 triliun.

Pengusaha batubara berusia 82 tahun ini, merupakan pemilik emiten pertambangan batubara PT Harum Energi Tbk (HRUM).

Putra sulungnya Lawrence Barki ini mendirikan Harum Energy pada 1995 dan kini berperan sebagai presiden komisaris. Kiki Barki juga diketahui memiliki tambang batubara milik swasta Tanito Harum.

6. Edwin Soeryadjaya

Edwin Soeryadjaya adalah pendiri perusahaan investasi Saratoga Capital yang dia besarkan bersama Sandiaga Uno. Namun, kini perusahaan tersebut berganti nama menjadi Saratoga Investama.

Saat ini, Edwin Soeryadjaya menjadi komisaris utama perusahaan tambang batubara besar, Adaro Energy Tbk.

Pria berusia 72 tahun ini berada di urutan ke-29 orang terkaya di Indonesia dengan kekayaan sebesar USD1,51 miliar atau sekitar Rp21,63 triliun.

7. Arini Subianto

Perempuan dengan nama lengkap Arini Saraswaty Subianto ini adalah bos dari Persada Capital Investama. Perusahaan ini bergerak di sektor perkebunan sawit, investasi, pertambangan batubara, dan pengolahan kayu.

Di usianya yang baru 51 tahun, harta kekayaan pengusaha batubara ini tercatat sebesar USD975 juta atau sekitar Rp14 triliun. Majalah Forbes menempatkan Arini Subianto di urutan ke-44 sebagai orang terkaya di Indonesia.***

Berita Lainnya

Index