TPS Liar Muncul, Operator Angkutan Sampah Diminta Tambah Ritasi

TPS Liar Muncul, Operator Angkutan Sampah Diminta Tambah Ritasi
Plt Kepala DLHK Pekanbaru, Reza Fahlevi

PEKANBARU - Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru, meminta operator angkutan sampah untuk menambah ritasi guna memaksimalkan sampah yang diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Pasalnya, saat ini masih ditemukan sampah yang menumpuk di beberapa Tempat Penampungan Sementara (TPS). Tumpukan sampah juga terjadi di beberapa TPS liar di Pekanbaru. 

"Kita sudah mengingatkan agar tambah ritasi, guna mencegah tumpukan sampah di TPS liar," kata Plt Kepala DLHK Kota Pekanbaru Reza Fahlevi, Rabu (24/7). 

Dirinya tidak menampik saat ini masih didapati adanya TPS liar di Kota Pekanbaru. Ia menyebut TPS liar ada di beberapa lokasi sehingga menjadi penyebab masih adanya tumpukan sampah pada luar waktu angkut.

Sejumlah oknum warga masih saja nekat membuang sampah di TPS liar. Padahal beberapa waktu lalu armada angkutan sudah mengangkut sampah yang menumpuk di sana.

Kebanyakan sampah yang menumpuk adalah sampah rumah tangga dalam plastik. Pemulung juga terlihat memilah sampah di tengah tumpukan sampah itu.

"Kita menyadari masih banyak TPS liar di Kota Pekanbaru, maka kita berupaya untuk meningkatkan pengawasan," terang Reza. 

Pihaknya mendorong tim armada angkutan langsung ke lokasi tumpukan untuk mengangkut sampah. Ia mengingatkan agar operator angkutan sampah juga mengangkut sampah ini.

Reza menyebut, pihaknya juga sudah berulang kali mengingatkan warga agar tidak membuang sampah sembarangan. Mereka bisa membuang sampah ke TPS resmi yang tersedia di lingkungannya.

Jadwal buang sampah juga sudah ditentukan setiap harinya untuk mencegah penumpukan. Warga bisa membuang sampah pada pukul 19.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB.

Berita Lainnya

Index