Pemberian Imunisasi Polio Dimulai di Pekanbaru, ini Sasarannya!

Pemberian Imunisasi Polio Dimulai di Pekanbaru, ini Sasarannya!
Pj Walikota Pekanbaru Risnandar Mahiwa, menyaksikan langsung pemberian imunisasi polio ke salah satu murid SD 151

PEKANBARU - Rangkaian Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio di Kota Pekanbaru mulai digelar, Selasa (23/7). Ratusan ribu anak menjadi sasaran dalam pemberian imunisasi polio ini. Mereka adalah yang berusia 0 hingga 8 tahun. 

Pembukaan PIN Polio serentak ini dilakukan Pemerintah Kota Pekanbaru di SD Negeri 151 dan 145 Pekanbaru, Jalan Wonosari, Tangkerang Tengah, Kecamatan Marpoyan Damai.

Pj Walikota Pekanbaru Risnandar Mahiwa usai membuka kegiatan mengatakan, bahwa kegiatan PIN Polio ini sangat penting bagi masa depan anak bangsa. Kegiatan memberikan dampak positif kepada generasi bangsa berikutnya.

"Kita targetkan jumlah anak yang mendapat imunisasi mencapai 95 persen, seperti target nasional," kata Risnandar.

Dirinya mengajak semua elemen masyarakat ikut menyukseskan PIN Polio. Apalagi kegiatan ini pada tahap pertama berlangsung hingga 29 Juli 2024 mendatang.

"Untuk mewujudkan anak yang sehat dan generasi yang cerdas, tentunya salah satu upayanya ada dengan pencanangan PIN Polio. Karena kegiatan ini sangat berdampak positif, dan tentunya tetap terkontrol dalam pelaksanaannya," terangnya. 

Ia berharap, menuju Indonesia Emas di tahun 2045 nanti, tentu perlu menyiapkan generasi yang sehat. Generasi yang cerdas, berdaya saing dan bisa membawa negara ini menjadi negara yang lebih maju dan lebih sejahtera.

"Untuk itu, makanya mulai sekarang kita siapkan langkah-langkahnya. Makanya kegiatan hari ini sangat berdampak positif kedepannya," jelasnya. 

Plt Kepala Diskes Kota Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut menambahkan, bahwa PIN Polio ini dilaksanakan serentak se-Kota Pekanbaru. Dalam percepatan pemberian imunisasi, pihaknya menyiapkan 1.533 Pos PIN Polio. 

"Kami menyiapkan seribu lebih Pos untuk menyukseskan PIN Polio Kota Pekanbaru. Pon ini ada di sekolah, fasilitas kesehatan, mall, dan bahkan juga pasar," ungkap Ingot.

Ia menuturkan, pelaksanaan PIN Polio ini menggunakan APBD Kota Pekanbaru, dan dibantu juga oleh beberapa sponsor.

"Jadi pelaksanaan PIN polio ini gratis. Kemudian bagi anak-anak yang sudah melakukan imunisasi juga diberikan cinderamata oleh beberapa sponsor untuk memberikan semangat kepada mereka," paparnya.

Ingot menyebut, bahwa total sasaran dalam PIN kali ini sebanyak 145.000 anak. Warga bisa datang ke Pos PIN yang sudah tersedia di Kota Pekanbaru. 

Pelaksanaan PIN Polio 2024 setelah terjadinya Kejadian Luar Biasa (KLB) di sejumlah daerah. Ada tujuh provinsi yang terdapat KLB Polio.

"Maka perlu digelar imunisasi untuk mencegah anak-anak berusia di bawah delapan tahun terjangkit polio," pungkasnya.

Berita Lainnya

Index