Ribuan Pemilih Pemula di Pilkada 2024 Belum Punya KTP

Ribuan Pemilih Pemula di Pilkada 2024 Belum Punya KTP
Asisten I Setdako Pekanbaru, Masykur Tarmizi

PEKANBARU - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru, mempercepat perekaman KTP bagi pemilih pemula atau mereka yang menginjak usia 17 tahun. Percepatan ini dilakukan jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada November 2024 besok. 

Pasalnya, hingga kini masih banyak pemilih pemula di Kota Pekanbaru ternyata belum punya kartu identitas kependudukan. Disdukcapil Pekanbaru mendata, jumlah pemilih pemula yang belum punya identitas mencapai 3.441 orang.

Sedangkan total jumlah Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilihan (DP4) di Kota Pekanbaru 795.240.

"Jadi dari data itu ternyata ada tiga ribu pemilih pemula belum rekam KTP di Kota Pekanbaru," kata Asisten I Sekretariat Daerah Kota Pekanbaru Masykur Tarmizi, Jumat (12/7). 

Ia mengingatkan agar pemilih pemula bisa segera melakukan perekaman data kependudukan di Kantor Disdukcapil Kota Pekanbaru.

Masykur menyebut bahwa dinas melakukan upaya percepatan perekaman tersebut jelang Pilkada 2024. Ia mengatakan bahwa pemilih pemula bisa melakukan perekaman juga pada setiap akhir pekan.

"Kita sudah melakukan percepatan perekaman, kita lakukan setiap hari Sabtu pada tiap pekan," terangnya. 

Masykur menyebut, bahwa pemerintah kota berupaya untuk meningkatkan partisipasi pemilih. Ia berharap proses pendataan harus benar dan valid.

Apalagi saat ini sedang berlangsung pendataan pemilih yang berlangsung hingga 24 Juli 2024 mendatang. Ia mendorong sosialisasi pilkada serentak agar berlangsung secara masif.

Masykur menyebut jumlah TPS di Kota Pekanbaru pada pilkada serentak lebih sedikit dibanding pada pemilu lalu. Total jumlah TPS pada pilkada nanti sebanyak 1.379 TPS.

"Ini jadi tantangan bagi kita karena jarak TPS semakin jauh, maka harus ada cara kreatif untuk meningkatkan minat pemilih datang ke TPS," pungkasnya.

Berita Lainnya

Index