Sinergi Dengan Pemprov Riau, Perbaikan Jalan Rusak di Pekanbaru Berlanjut

Sinergi Dengan Pemprov Riau, Perbaikan Jalan Rusak di Pekanbaru Berlanjut
Perbaikan Jalan Darma Bhakti, Kecamatan Payung Sekaki

PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) terus menggesa perbaikan ruas jalan rusak di sejumlah titik. PUPR Kota Pekanbaru juga bersinergi dengan Pemprov Riau dalam upaya perbaikan jalan di Kota Bertuah ini. 

Pada minggu ini PUPR Kota Pekanbaru juga sudah memulai perbaikan di tiga ruas jalan, yakni Jalan Rajawali Kecamatan Sukajadi, Darma Bhakti Kecamatan Payung Sekaki, dan Jalan Umban Sari Rumbai. Perbaikan jalan dengan sistem overlay ini menggunakan APBD Pekanbaru tahun 2024.

Selain perbaikan dilakukan langsung oleh PUPR Kota Pekanbaru, beberapa ruas jalan kota juga diperbaiki melalui bantuan Pemprov Riau. 

"Kami juga mengucapkan terimakasih kepada bapak Gubernur Riau atas bantuan kepada Pemko Pekanbaru," kata Pj Walikota Pekanbaru Risnandar Mahiwa, Senin (8/7/2024). 

Ia menyampaikan rasa terimakasih kepada Pj Gubernur Riau SF Hariyanto, setelah beberapa ruas jalan Kota Pekanbaru dibantu untuk melakukan perbaikan oleh pemerintah provinsi. Salah satu diantaranya adalah Jalan Adi Sucipto, Kecamatan Marpoyan Damai. 

Risnandar menyebut, saat ini kondisi ruas jalan tersebut sudah mulus setelah dilakukan perbaikan oleh Pemprov Riau. Sementara beberapa ruas jalan lainnya juga dibantu perbaikannya oleh Pemprov Riau. 

"Ini merupakan tindaklanjut dari turun bersama bapak gubernur kemarin. Sekarang jalannya sudah mulus. Kami berharap bapak gubernur sehat, dan dapat terus melanjutkan pembangunan di Provinsi Riau khususnya di Kota Pekanbaru," ucap Risnandar. 

Terpisah Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru Edward Riansyah mengaku bersyukur atas bantuan perbaikan jalan yang dilakukan oleh Pemprov Riau. Tentunya ini dapat membantu mempercepat pekerjaan PUPR Pekanbaru dalam upaya perbaikan jalan rusak. 

"Kita bersyukur atas bantuan dari Pemprov Riau, namun dari PUPR Pekanbaru sendiri terus melakukan perbaikan jalan secara bertahap. Saat ini tiga ruas jalan dalam pekerjaan overlay menggunakan APBD Kota Pekanbaru," terang Edu, sapaan akrabnya. 

Ia menambahkan, mengingat perbaikan jalan rusak membutuhkan anggaran yang cukup besar dan hanya bisa dilakukan sesuai kewenangan, maka Pemko Pekanbaru terus berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Riau.

"Dengan Pemerintah Pusat, Pemko Pekanbaru terus berkoordinasi dan mengajukan proposal ke Kementerian PUPR, Bappenas serta Kemenko Marves bidang transportasi untuk mendapat bantuan melalui usulan IJD (Inpres Jalan Daerah). Pengajuan usulan melalui DAK (Dana Alokasi Khusus)," pungkasnya.

*Pemprov Ambil Alih 16 Ruas Jalan Kota*

Tahun ini Pemprov Riau telah mengambil alih kewenangan jalan dari Pemko Pekanbaru sebanyak 16 ruas jalan. Secara bertahap satu per satu ruas jalan yang sudah diambil alih oleh Pemprov Riau tersebut mulai diperbaiki.

Dari 16 ruas jalan yang dialihkan ke Pemprov Riau, hingga saat ini yang sudah diperbaiki sebanyak 11 ruas jalan. Dari 11 ruas jalan tersebut, ada yang sudah selesai dilakukan perbaikan dan ada yang masih dalam proses pengerjaan.

"Intinya semua jalan yang dialihkan oleh Pemprov Riau pasti akan kita perbaiki, namun pekerjaan perbaikan nya kita lakukan secara bertahap, kita lihat mana yang skala prioritasnya didahulukan untuk dikerjakan, itu yang kita kerjakan dulu," kata Kabid Bina Marga Dinas PUPR Riau, Teza Darsa.

Teza merincikan, untuk ruas jalan yang sudah selesai diperbaiki diantaranya yakni Jalan Cut Nyak Dien, Jalan Imam Bonjol, Jalan Ahmad Yani, Jalan M Yamin, Jalan Parit Indah dan Jalan Adi Sucipto. Sementara yang masih on progres yakni Jalan Cipta Karya, Jalan Kartama, Jalan Diponegoro dan Jalan Sultan Syarif Kasim.

"Sedangkan untuk lima ruas jalan lainnya juga akan segera digesa untuk proses perbaikannya. Yakni Jalan Pesantren, Jalan Sisingamangaraja, Jalan Ahmad Dahlan, Jalan Pattimura, dan Jalan Teropong," pungkasnya. 

Berita Lainnya

Index