Persoalan Sampah di Pekanbaru Masih Jadi Sorotan

Persoalan Sampah di Pekanbaru Masih Jadi Sorotan
tumpukan sampah berserakan di pinggir ruas Jalan Pemuda beberapa waktu lalu

PEKANBARU - Persoalan sampah masih menjadi perhatian Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru. Hal ini karena masih didapati adanya sampah tidak terangkut pada Tempat Penampungan Sementara (TPS). 

Kondisi tersebut tidak cuma mengganggu pemandangan di ruas jalan itu. Namun juga menimbulkan aroma tidak sedap dari sampah yang menumpuk.

Apalagi kebanyakan sampah yang menumpuk merupakan sampah plastik dari rumah tangga. Sampah yang menumpuk ternyata tidak cuma disebabkan oleh ulah oknum angkutan sampah mandiri.

Namun tumpukan itu juga disebabkan oleh oknum warga yang buang sampah di luar jadwal. Tumpukan sampah juga didapati berada di TPS liar. 

"Kita sudah melihat dari tumpukan itu, kita melihat dari angkutan mandiri melakukan buang di TPS. Kita akan ambil langkah antisipasi," kata Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru Reza Fahlevi, Senin (1/7). 

Ia menuturkan, sampah ini juga menumpuk akibat masyarakat yang membuang bukan pada jadwalnya. Ada juga oknum pengelola kafe yang membuang sampah sembarangan.

Dirinya mengimbau masyarakat untuk membuang sampah DI TPS yang telah ditetapkan. Mereka juga bisa membuang sampah sesuai jadwal yakni pukul 19.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB.

Pihaknya telah melakukan sosialisasi jam buang sampah kepada masyarakat. Ia mengingatkan angkutan sampah mandiri untuk mengikuti aturan yang ada.

Mereka juga melakukan pengawasan terhadap ritasi atau perputaran operator angkutan sampah. Pemantauan berlangsung setiap hari lewat GPS yang ada. 

"Kami juga mengimbau kepada camat dan lurah agar membantu kami sosialisasikan terhadap jam buang," terangnya. 

Selain itu, DLHK juga menempatkan petugas Gakkum untuk menindak oknum masyarakat yang buang sampah sembarangan serta di luar jam buang. Mereka menyasar di titik rawan tumpukan sampah. 

Berita Lainnya

Index