Segera Cair, Segini Jumlah Anggaran Pilkada Pekanbaru

Segera Cair, Segini Jumlah Anggaran Pilkada Pekanbaru
Ilustrasi | net

PEKANBARU - Pemilihan Walikota (Pilwako) di Pekanbaru bakal berlangsung pada November 2024 mendatang. Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, memastikan anggaran untuk pelaksanaan Pilkada serentak 2024 akan dicairkan tepat waktu.

Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution mengatakan, anggaran pilkada serentak tersebut dianggarkan Pemko Pekanbaru di dua tahun anggaran yakni tahun anggaran 2023 dan 2024. Total anggarannya mencapai Rp76 miliar.

"Untuk anggaran tahun ini, kita akan segera cairkan. Kita akan cairkan tepat waktu," kata Indra Pomi Nasution, Minggu (30/6). 

Ia memastikan hingga kini belum ada kendala terkait penyediaan anggaran tersebut. Apalagi sudah ada arahan dari Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian yang meminta agar anggaran pilkada serentak sudah dicairkan paling lambat tanggal 9 Juli 2024.

"Di 2023, itu sudah kita salurkan 40 persen (dari Rp76 miliar). Kemudian untuk 2024, 60 persen," terang Indra Pomi. 

Untuk anggaran pilkada serentak 60 persen di APBD 2024, Indra Pomi menyebutkan jika Pemko Pekanbaru sudah melakukan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dengan KPU, Bawaslu,TNI dan Polri.

"Sekarang tinggal kita menyiapkan anggarannya. Isnyaallah, itu pasti kita penuhi sebelum itu (tanggal 9 Juli)," jelasnya. 

Seperti diketahui, Pilwako Pekanbaru sesuai jadwal akan dilaksanakan bersamaan dengan pilkada serentak pada 27 November 2024 mendatang. Saat ini, tahapan pilkada sudah mulai dilaksanakan oleh KPU dan Bawaslu.

Berita Lainnya

Index