Tarik Perhatian Generasi Muda, Warga Riau Ramai-Ramai Nonton Film LAFRAN

Tarik Perhatian Generasi Muda, Warga Riau Ramai-Ramai Nonton Film LAFRAN
MN KAHMI menggelar Nobar Film Lafran di Pekanbaru, Riau.

PEKANBARU - Majelis Nasional Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (MN KAHMI) melanjutkan rangkaian roadshow nonton bareng (Nobar) Film LAFRAN di Pekanbaru, Riau, Rabu (26/6) malam.

Eksekutif Produser Film LAFRAN Muhammad Arief Rosyid Hasan menyambut baik semangat audiens, yang kebanyakan kaulah muda. 

Saat dikonfirmasi Arief juga mengaku senang, nobar Film LAFRAN di Pekanbaru, banyak dihadiri orang muda seperti pelajar SMA dan Mahasiswa. Sebab Film LAFRAN ini kata Arief, bukan hanya diperuntukkan untuk kader HMI saja, melainkan semua orang muda.

"Kehadiran mereka menunjukkan bahwa film LAFRAN mampu menarik perhatian generasi muda dan bisa menginspirasi orang muda," ucap Arief.

Karena itu, ia berharap Film LAFRAN dapat memberikan perspektif baru dan mendalam tentang pentingnya semangat juang dan cinta tanah air. 

"Kami berharap film ini dapat menjadi inspirasi dan motivasi orang muda untuk terus mencintai dan mempertahankan nilai-nilai kebangsaan," kata Ketua Umum PB HMI periode 2013-2015 ini.

Selain audiens orang muda sebanyak 1.000 orang, nobar film biopik perjalanan hidup pendiri Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Lafran Pane di Pekanbaru dihadiri sederet tokoh. 

Mereka adalah Koordinator Presidium Majelis Nasional Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (Korpres MN KAHMI) Ahmad Doli Kurnia Tandjung, Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa, Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) Suhardiman Amby, Kapolres Pelelawan AKBP Suwinto, Kepala Kejaksaan Negeri Pelalawan Azrijal, dan Ketua Pengadilan Negeri Pelalawan Kelas IB Benny Arisandy. Hadir pula Ketua DPRD Pelalawan Baharudin, Ketua DPRD Kampar Muhammad Faisal, serta jajaran keluarga besar HMI dan MW KAHMI Riau.

Dalam sambutannnya, Korpres MN HMI Ahmad Doli Kurnia Tandjung menekankan Film produksi MN KAHMI bersama Radepa Studio dan Reborn Initiative ini bukan hanya mengisahkan perjalanan hidup Lafran Pane dan pendirian HMI. Sebab kata Doli, dalam film berdurasi 99 menit ini, 65 menit di antaranya mengisahkan perjuangan rakyat Indonesia untuk meraih dan mempertahankan kemerdekaan sebagai bangsa yang berdaulat.

"Jadi buat keluarga besar HMI, KAHMI, ini menambah spirit, dan buat kami di KAHMI, film ini menambah keyakinan dan membuat kami tidak menyesal menjadi bagian HMI, KAHMI," kata Doli.

Ketua Komisi II DPR RI ini juga mengaku senang, nobar Film LAFRAN ini dihadiri para pelajar di Kota Pekanbaru, Riau. Ia berharap Film LAFRAN bisa membangkitkan nasionalisme terhadap bangsa Indonesia di kalangan generasi muda.

"Mudah-mudahan film ini bisa menbangkitkan semangat nasionalisme terhadap bangsa Indonesia ini, semakin kuat apalagi diajarkan sejak kecil," kata Doli.

Film LAFRAN menghadirkan kisah kehidupan Lafran Pane, pahlawan Indonesia pendiri Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).

Dalam film ini, diceritakan kisah hidup seorang Lafran Pane sejak kecil hingga mendirikan HMI di Yogyakarta. Lafran mencita-citakan HMI sebagai sebuah organisasi yang bertujuan untuk mewadahi perjuangan mahasiswa Islam agar bisa bergerak secara independen, tidak berafiliasi pada partai politik, dan memiliki kepedulian terhadap umat dan bangsa. Cita-cita pendirian HMI juga untuk meningkatkan kapasitas pemuda Muslim, sehingga dapat berkontribusi bagi umat dan bangsa.

Film yang telah tayang serentak 20 Juni 2024 lalu ini dibintangi oleh sederet artis papan atas yakni Dimas Anggara yang berperan sebagai Lafran Pane. Selain itu Mathias Muchus, Ariyo Wahab, Lala Karmela, Alfie Alfandi, Ratna Riantiarno, Farandika hingga Nabil Lunggana.***

Berita Lainnya

Index