Pj Wako Jadi Pembina Upacara HUT Pekanbaru, Begini Pesannya Ke Bawahannya

Pj Wako Jadi Pembina Upacara HUT Pekanbaru, Begini Pesannya Ke Bawahannya
Pj Walikota Pekanbaru, Risnandar Mahiwa menyampaikan amanat upacara

PEKANBARU - Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Risnandar Mahiwa S.STP M.Si, menjadi pembina upacara dalam Peringatan Hari Jadi Pekanbaru Ke-240, di Komplek Perkantoran Tenayan Raya, Minggu (23/6/2024). 

Dengan berpakaian melayu lengkap, upacara tersebut juga diikuti oleh pejabat Forkopimda Kota Pekanbaru, pejabat di lingkungan Pemko Pekanbaru, serta seluruh ASN dan THL. 

Upacara Hari Jadi Pekanbaru turut dihadiri Mantan Walikota Pekanbaru dua periode Firdaus MT beserta istri, mantan Pj Walikota Pekanbaru dua tahun berturut-turut Muflihun SSTP MAP beserta istri, Forkopimda Kota Pekanbaru, Sekda Pekanbaru Indra Pomi Nasution, para asisten, seluruh kepala OPD, camat, lurah, serta ASN se-Kota Pekanbaru.

Pelaksanaan upacara dimulai sekitar pukul 08.00 WIB. Bertindak sebagai pemimpin upacara Camat Tenayan Raya Abdul Barri. Kemudian Visi dan Misi Kota Pekanbaru dibacakan oleh Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru Ginda Burnama. Sebagai penutup upacara, doa dibacakan oleh Ketua MUI Pekanbaru Prof Dr H Akbarizan MAg MPd.

Dalam amanatnya Risnandar Mahiwa mengatakan, bahwa pada HUT Ke-240 Pekanbaru ini mengangkat tema 'Keberagaman Membangun Negeri. 

Maka dalam momen HUT Pekanbaru ini, ia mengajak para ASN di lingkungan pemerintah kota untuk menerapkan core values atau nilai-nilai dasar ASN. Yaitu berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmomis, loyal, adaptif dan kolabortif. 

"Oleh itu kita minta ASN bisa mengimplementasikan core values dalam menjalankan tugas dan fungsinya, dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," ujar Risnandar Mahiwa. 

Menurutnya, nilai-nilai budaya kerja berakhlak menjadi haruslah menjadi tameng sekaligus menjadi pedoman bagi ASN dalam bersikap dan berperilaku sehingga dapat bekerja secara profesional. 

"Maka saya berharap, seluruh kepala OPD harus tetap menjaga kekompakan dan loyalitasnya dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Harus bersinergi, tidak hanya dengan sesama OPD, tapi juga dengan seluruh komponen masyarakat," harapnya. 

Risnandar dalam kesempatan itu juga berpesan, khususnya kepada ASN Pemko Pekanbaru agar bisa menjaga netralitas dan tidak terlibat politik dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024.

Sebagaimana diketahui, untuk di Pekanbaru sendiri bakal dilakukan Pemilihan Walikota (Pilwako) pada 27 November mendatang. 

"Netralitas ASN merupakan salah satu aspek penting dalam menjaga integritas, dan profesionalisme ASN dalam menjalankan tugas pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat. Jadi, ASN jangan terlibat kegiatan politik yang bertentangan dengan perannya sebagai pelayan masyarakat," pungkasnya.

Berita Lainnya

Index