Goro Massal Sempena HUT Pekanbaru Ke-240, PUPR Pekanbaru Turunkan Alat Berat

Goro Massal Sempena HUT Pekanbaru Ke-240, PUPR Pekanbaru Turunkan Alat Berat
Alat berat PUPR Pekanbaru mengeruk drainase jalan

PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menggelar kegiatan gotong royong massal dan bhakti sosial, Kamis (20/6/2024). Kegiatan ini juga melibatkan Forkopimda dan seluruh OPD di lingkungan pemerintah kota. 

Kegiatan diawali dengan apel gabungan yang dipimpin Pj Walikota Pekanbaru Risnandar Mahiwa, diwakili Sekretaris Daerah Indra Pomi Nasution di Lapangan Baterai C (Batalion Arhanudse 13/BC) Jalan HR Subrantas. 

Pj Walikota Pekanbaru, Risnandar Mahiwa mengatakan kegiatan ini digelar dalam rangka memperkuat sinergitas antara Pemko Pekanbaru bersama Forkopimda dan Pemerintah Provinsi Riau, untuk memperingati Hari Jadi Pekanbaru ke-240.

"Pemerintah kota, dan Provinsi serta Forkopimda bersama-sama bergerak dalam rangka kebersihan Kota Pekanbaru," kata Risnandar Mahiwa. 

Ia menyebut, dalam kegiatan goro massal ini juga diikuti personel TNI, Polri, BPBD Pekanbaru, BPBD Riau, Dinas PUPR, DLHK, pasukan kuning, mahasiswa, LPM, organisasi masyarakat, serta masyarakat Pekanbaru.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan dalam menyambut HUT Pekanbaru Ke-240.

Berbagai kegiatan telah berlangsung sejak awal bulan ini dan berlanjut secara estafet hingga puncak pada 23 Juni besok. Ada berbagai kegiatan masyarakat dan lomba yang digelar. 

"Untuk hari ini kita gelar kegiatan Bakti Sosial dan gotong royong bersama pemerintah kota, provinsi, forkopimda dan masyarakat. Gotong royong gabungan ini difokuskan pada titik permasalahan banjir di Kota Pekanbaru," terangnya. 

Salah satu fokus dalam kegiatan gotong royong ini diantaranya pembersihan drainase Jalan Arifin Ahmad, HR Soebrantas, Pasar Pagi Arengka, Jalan Riau, Jalan Kaharuddin Nasution, dan Jalan Sekolah Depan Pasar Rumbai.

Seluruh OPD dibagi menjadi beberapa kelompok. Masing-masing kelompok kemudian ditetapkan titik lokasi ruas jalan yang harus dibersihkan.

"Kita sudah buat surat pembagian tugasnya per OPD untuk pelaksanaan kegiatan tersebut. Alhamdulillah kegiatan gotong royong kita hari ini berjalan lancar," katanya.

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru, Edward Riansyah mengatakan, dalam kegiatan gotong royong massal kali ini pihaknya menerjunkan 40 petugas.

Mereka melakukan pembersihan drainase di sejumlah titik sesuai dengan pembagian tugasnya. 

"Selain menerjunkan personil kita juga mengerahkan alat berat untuk mengeruk parit yang sudah dangkal dan tertutup," kata pria yang akrab disapa Edu ini.

Lebih lanjut Edu menjelaskan, lewat kegiatan baksos gotong royong bersama ini sejumlah titik drainase yang sebelumnya tertutup oleh sampah dan semak kini sudah bersih kembali. 

"Termasuk juga drainase yang sebelumnya tertutup dan ada penyempitan karena ada box culvert dan gorong-gorong juga sudah kita gali dengan alat berat," pungkasnya. 

Berita Lainnya

Index