OPD Diminta Gesa Realisasi Serapan Anggaran

OPD Diminta Gesa Realisasi Serapan Anggaran
Sekdako Pekanbaru, Indra Pomi Nasution

 

PEKANBARU--Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution, mendorong Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk menggesa realisasi penyerapan anggaran belanja. Pasalnya, hingga memasuki semester pertama tahun 2024 ini realisasi serapan anggaran masih dibawah target. 

Sementara untuk triwulan I dan triwulan II, Pemko Pekanbaru ditargetkan realisasi anggaran sudah mencapai 45 persen. Diharapkan, dengan sisa waktu yang kurang satu bulan lagi sebelum triwulan II berakhir, target tersebut sudah tercapai.

Indra Pomi Nasution mengatakan, bahwa realisasi anggaran terus berjalan. Realisasi anggaran Pemko Pekanbaru hingga saat ini berkisar 30 persen. Capaian itu terhitung dari bulan Januari hingga akhir Mei kemarin. 

"Untuk realisasi kita tetap jalan, tadi kami cek di BPKAD, capaian realisasi fisik kita itu sudah mencapai lebih kurang 30 persen," kata Indra Pomi Nasution, Rabu (5/6). 

Ia menuturkan, sementara untuk realisasi serapan keuangan di angka 27 persen. Untuk mencapai target, pihaknya terus menggesa masing-masing OPD yang ada di lingkungan Pemko Pekanbaru. 

"Kita terus menggesa ini. Karena di semester pertama ini kan kita minimal 45 persen sesuai arahan dari mendagri," terang Indra Pomi. 

Indra juga mengecek laporan di masing-masing OPD apa yang menjadi kendala terkait serapan anggaran. Namun begitu, Ia menilai capaian realisasi sebesar 30 dengan sisa waktu satu bulan, masih dalam batas normal.

"Tapi kami kira di 30 persen itu sudah lumayan. Serapan anggaran, triwulan I 20 persen, triwulan II 25 persen, triwulan III 25 persen, dan triwulan IV 30 persen. Harusnya di akhir Juni nanti sudah 45 persen, jadi ini masih on the track lah," pungkasnya.

 

Berita Lainnya

Index