Dibuka Presiden Jokowi, Pj Walikota Pekanbaru Ikuti Rakernas Apeksi XVII

Dibuka Presiden Jokowi, Pj Walikota Pekanbaru Ikuti Rakernas Apeksi XVII
Pj Walikota Pekanbaru, Risnandar Mahiwa dalam kegiatan Rakernas Apeksi

Riaukini.com - Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Risnandar Mahiwa, S.STP., M.Si menghadiri sekaligus mengikuti pembukaan Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Rakernas Apeksi) XVII di Gedung Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Kalimantan Timur, Selasa (4/6/2024). 

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi). Risnandar Mahiwa dalam acara itu juga didampingi sejumlah pejabat di lingkungan Pemko Pekanbaru. 

Dalam sambutannya, Jokowi menekankan pentingnya perencanaan kota yang matang guna menghadapi tantangan masa depan, di mana 70 persen penduduk Indonesia diprediksi akan tinggal di perkotaan pada tahun 2045.

Jokowi menyebutkan bahwa dunia akan menghadapi situasi serupa dengan 80 persen penduduk tinggal di perkotaan pada tahun 2050.

"Beban kota akan sangat berat. Oleh sebab itu, setiap Pemerintah Kota di Indonesia harus memiliki perencanaan detail kota," kata Jokowi dihadapan seluruh Walikota se-Indonesia. 

Presiden Jokowi juga menyoroti kondisi lalu lintas di berbagai kota besar di Indonesia yang mulai macet, termasuk Balikpapan, Surabaya, Bandung, dan Medan.

"Semua kota ke depan akan macet. Oleh karena itu, perencanaan transportasi umum dan massal harus dipersiapkan sejak sekarang," terang Jokowi. 

Jokowi mengajak para pemimpin kota untuk merubah paradigma pembangunan kota yang identik dengan gedung pencakar langit.

Menurutnya, kota yang baik ke depan adalah kota yang ramah pejalan kaki, disabilitas, pesepeda, perempuan, dan anak, serta ramah lingkungan.

"Kota itu harus green, smart, dan friendly atau nyaman untuk siapa saja," tegasnya.

Sementara itu, Pj Walikota Pekanbaru Risnandar Mahiwa siap menjalankan apa yang telah diarahkan oleh Presiden Jokowi. Pemko Pekanbaru bakal menyusun strategi untuk pembangunan kota yang berkelanjutan. 

"Sesuai dengan visi Presiden Jokowi untuk menjadikan kota-kota di Indonesia lebih nyaman dan dicintai oleh warganya," ungkapnya.

Berita Lainnya

Index