Pekanbaru Buka 3 SMP Negeri Baru Tahun ini

Pekanbaru Buka 3 SMP Negeri Baru Tahun ini
Net.

PEKANBARU - Minimnya daya tampung SMP negeri di Kota Pekanbaru masih menjadi kendala pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2024 ini. SMP negeri yang tersedia, diperkirakan hanya mampu menampung sekitar separuh dari lulusan SD. 

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru Abdul Jamal mengatakan, ada tiga SMP Negeri baru di Kota Pekanbaru yang membuka PPDB tahun 2024 ini. Ketiga SMP negeri itu yakni SMPN 50 Pekanbaru, SMPN 51 Pekanbaru dan SMPN 52 Pekanbaru.

Dua sekolah yakni SMPN 50 Pekanbaru dan SMPN 51 Pekanbaru sudah bisa membuka PPDB di sekolah seiring dengan sudah berfungsinya gedung sekolah tahun ini.

Gedung SMPN 50 Pekanbaru berada di Jalan Komplek Damai Langgeng. Sedangkan SMPN 51 Pekanbaru berada di Jalan Pesisir.

"Kalau di SMPN 52 Pekanbaru sudah buka, tapi belajarnya masih menumpang di SMPN 26 Pekanbaru," terang Abdul Jamal, Rabu (29/5).

Jamal menjelaskan, PPDB di SMPN 52 Pekanbaru dibatasi saat ini untuk tiga kelas saja. Kondisi ini mempertimbangkan gedung sekolah yang baru dibangun pada tahun 2024.

Ia menyebut, bahwa sama seperti di SMPN 50 Pekanbaru dan SMPN 51 Pekanbaru. Dinas sudah membuka penerimaan peserta didik sejak tahun 2023 lalu.

Muridnya memang masih menumpang belajar di sekolah terdekat lantaran proses pengerjaan gedung kala itu sedang berjalan.

Maka untuk di SMPN 52 Pekanbaru pada tahun ini sudah membuka penerimaan peserta didik.

"Juli nanti PPDB sudah digelar di sekolah yang baru itu, kita juga persiapkan untuk melengkapi aktivitas saat PPDB nanti," jelas Jamal. 

Selama ini murid SMPN 50 Pekanbaru menumpang di SMPN 47 Pekanbaru yang ada di Jalan Rawa Bening. Sedangkan murid SMPN 51 Pekanbaru menumpang belajar di SMPN 6 Pekanbaru, Jalan Camp Rumbai.

Dirinya mengatakan bahwa murid di dua SMPN itu sudah bisa belajar di sana tahun ini karena meubeler sudah masuk. Mereka pun sudah bisa belajar di gedung baru pada tahun ajaran baru nanti.

Berita Lainnya

Index