Sentra UMKM Pekanbaru Segera Dilaunching

Sentra UMKM Pekanbaru Segera Dilaunching
Kepala Dinas PUPR Pekanbaru, Edward Riansyah

PEKANBARU - Pembangunan Sentra Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Jalan Arifin Ahmad, Pekanbaru terus digesa. Pembangunan fisik keseluruhan salah pusat UMKM di Kota Bertuah ini hampir rampung. 

Rencananya, tempat tersebut segera dilaunching pertengahan Mei mendatang. Para pelaku UMKM yang bakal menempati lokasi tersebut juga telah didata dan bakal ditempatkan pada sejumlah stand di sana. 

"Pekerjaan sudah hampir selesai. Rencana launching estimasinya pertengahan Mei," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru Edward Riansyah, Selasa (23/4). 

Ia menuturkan, saat ini bangunan sentra UMKM di eks kantor Wakil Walikota tersebut pekerjaannya hanya tinggal pembenahan lanskap.

"Untuk pembangunan, secara fisik sudah selesai, tinggal lanskap luarnya kita belum selesai. Kalau (bagian) dalamnya sudah 90 persen, tinggal pembersihan saja lagi," terang Edu, sapaan akrabnya. 

Setelah pembangunan tuntas dan dilaunching, bangunan sentra UMKM akan langsung diserahkan ke Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) setempat.

"Jadi nanti untuk pengisiannya (pelaku UMKM) dari Dekranasda," jelasnya. 

Pembangunan sentra UMKM sendiri merupakan salah satu upaya Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru untuk memajukan dan meningkatkan perekonomian.

Pj Walikota Pekanbaru Muflihun mengatakan, nantinya produk yang dihasilkan pelaku UMKM bisa dipasarkan di sentra UMKM sehingga bagi warga yang berkunjung ke Kota Bertuah bisa berbelanja oleh-oleh khas Ibukota Provinsi Riau.

"Kalau mungkin hari ini masyarakat hanya berjualan dengan online saja karena masih belum ada tempat, nah besok itu kita siapkan tempatnya di pusat UMKM tersebut. Silahkan titip produknya disana," ucapnya. 

Agar produk UMKM bisa dipromosikan, nantinya Dinas Perhubungan dan Dinas Pariwisata akan diminta agar setiap mobil maupun bus wisata untuk singgah belanja di sentra UMKM.

"Kemudian untuk hotel, tamunya juga kita imbau untuk belanja di pusat UMKM tersebut. Minimal ini usaha pemerintah untuk membantu mendorong UMKM di Pekanbaru," pungkasnya. 

Berita Lainnya

Index