Cuaca Ekstrem, Masyarakat Diimbau Waspada

Cuaca Ekstrem, Masyarakat Diimbau Waspada
Sekdako Pekanbaru, Indra Pomi Nasution

PEKANBARU - Masyarakat diimbau waspada terhadap kondisi cuaca Kota Pekanbaru yang berubah-ubah saat ini. Masyarakat mesti mewaspadai ancaman cuaca ekstrem karena peralihan dari panas ke hujan cukup cepat.

"Untuk kondisi cuaca ekstrem, kami imbau masyarakat tetap waspada," kata Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution, Selasa (23/4).

Pemerintah kota sudah berkomunikasi dengan BMKG terkait kondisi cuaca saat ini. Ia menyebut bahwa hujan dengan intensitas sedang dan deras masih berpotensi mengguyur Kota Pekanbaru. 

"Kami berharap kondisinya baik-baik saja, sebab hujan masih berpotensi mengguyur," terang Indra Pomi. 

Indra menyebut bahwa pemerintah kota bersama instansi terkait juga mengantisipasi adanya ancaman kebakaran lahan. Mereka juga sudah menyiagakan personel gabungan untuk mencegah lahan terbakar.

Saat ini juga sudah ada dibentuk masyarakat tanggap bencana di setiap kelurahan. Mereka dapat melakukan deteksi dini terhadap ancaman kebakaran lahan di wilayahnya.

Indra menilai lebih baik memadamkan kebakaran saat masih kecil. Apabila dibanding kebakaran yang sudah meluas ke wilayah sekitarnya.

"Kita di setiap kelurahan ada masyarakat tanggap bencana, mereka bisa deteksi dini kebakaran lahan," pungkasnya.

Berita Lainnya

Index