Nazhir Wakaf Yayasan BRKS Serahkan Bantuan Motor ke Dai di Pedalaman Rupat

Nazhir Wakaf Yayasan BRKS Serahkan Bantuan Motor ke Dai di Pedalaman Rupat
Penyerahan secara simbolis bantuan

Riaukini.com - Bertepatan di bulan Ramadhan ini Nazhir wakaf Yayasan Berkah Riau Kepri Syariah (Yayasan BRKS)  menyerahkan 1 unit motor  wakaf dari para peserta wakaf kepada Ustadz Muhammad Saifudin yang merupakan salah seorang pendakwah di pedalaman Pulau Rupat Kabupaten Bengkalis.

Penyerahan motor wakaf ini berlangsung di kantor Nazir Wakaf Yayasan Berkah Riau Kepri Syariah dan dihadiri pengurus Nazhir wakaf Yayasan BRKS dan Direktur serta staf Pos Dai Indonesia Cabang Riau, Jumat (5/4/2024).

Ketua Nazhir Wakaf, Azhar Efendi menyampaikan walaupun operasional lembaga  Nazhir wakaf ini masih berusia 6 bulan namun antusias para peserta wakaf terutama karyawan yang ada di Bank Riau Kepri Syariah sangat tinggi untuk berwakaf.

”Objek Motor wakaf  ini sebagian besar merupakan Wakaf bersama pimpinan dan karyawan yang ada di Bank Riau Kepri Syariah  yang juga sebagian ada yang meniatkan wakaf ini untuk almarhum orang tua mereka. InsyaAllah wakaf ini akan memberikan ganjaran pahala yang berlipat ganda kepada para peserta wakaf karena di serahkan bertepatan dengan bulan Ramadhan yang mulia,” ujar pria yang merupakan Kepada Divisi BRK Syariah tersebut.

Ketua Nazhir wakaf tersebut menyampaikan bahwa sekarang berwakaf itu sudah sangat mudah, semudah mengirim pesan Whatshap dan  SMS, serta bukan ibadah orang kaya saja, pedagang, PNS anak sekolah pun saat ini bisa berwakaf. Para peserta wakaf tinggal mengunjungi halaman website Nazhir wakaf Yayasan BRKS di www.yayasanbrks.org dan selanjutnya memasukkan wakaf yang diinginkan.

“Kami mengelola lembaga Nazhir Wakaf ini dengan transparan, sesuai prinsip syariah dan penuh tanggungjawab, karena semua masyarakat dapat melihat langsung apa saja program wakaf yang ada, berapa jumlah donasi Wakaf yanag diterima dan disalurkan kepada siapa saja melalui website yang ada,” imbuhnya pula.

Saat ini ada sudah ada 4 program wakaf yang sedang dilakukan oleh Nazhir Wakaf Yayasan BRKS  antara lain. Wakaf transportasi Dakwah Da’I pedalaman, wakaf Bibit Sawit dan Wakaf dana abadi Yatim serta wakaf kebun sawit. Dalam waktu dekat yayasan juga akan merelisasikan wakaf Bibit sawit sehingga tanah wakaf yang sering terlantar akan segera produktif dan menghasilkan, bibit dan pemupukannya selama 3 tahun semua berasal dari wakaf.  

“Wakaf itu berbeda dengan Zakat, dimana kalau Zakat dananya akan habis didistribusikan kepada para  Mustahik, namun jika wakaf dana wakaf  atau objek wakaf  harus abadi. Selama motor ini dipakai untuk berdakwah 10  sampai 15 tahun maka selama itu pula pahalanya akan mengalir kepada para peserta wakaf (Wakif),” ujarnya.

Motor ini, kata Azhar Efendi, jika nanti  sudah usang karena lama dipakai, maka Nazhir akan mengganti dengan motor baru dengan menggunakan sebagian dana yang berasal dari wakaf motor tahap awal ini juga, kalau dalam istilah Fiqh disebut Istiblal.

“Sehingga pahala peserta wakaf ke-1 akan terus menyambung pada objek wakaf yang ke 2, demikian seterusnya, sehingga ada dalam  wakaf ada ungkapan umur kita akan berakhir, namun pahala wakaf akan terus mengalir,” kata ketua Nazhir wakaf tersebut.

Dalam kesempatan itu juga dilakukan penandatanganan kesepakatan kerjasama  untuk program wakaf antara Nazhir wakaf Yayasan BRKS dan Muhammad Ikhsan selaku Direktur lembaga Dakwah Pos Dai untuk wilayah Riau.***

Berita Lainnya

Index